Workshop Coaching dan Mentoring, Langkah Nyata Pemkab Bogor Wujudkan Bogor Corporate University

Workshop Coaching dan Mentoring, Langkah Nyata Pemkab Bogor Wujudkan Bogor Corporate University

Smallest Font
Largest Font

饾悂饾惃饾悹饾惃饾惈饾悪饾惃饾惂饾悶饾悕饾悶饾惏饾惉 - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar Workshop Coaching dan Mentoring bagi 105 pejabat administrator di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2024, untuk mendukung implementasi Bogor Corporate University di Kabupaten Bogor, yang berlangsung di Cibinong, Selasa, 22 Oktober 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, saat membuka acara tersebut mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai garda terdepan dalam menunjukan visi Indonesia Emas 2045, merupakan salah satu sasaran utama dalam dimensi pembanguan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Sesuai UU Nomor 20 tahun 2023, tentang ASN pada Pasal 49 disebutkan, setiap pegawai ASN wajib melakukan pengembangan kompetensi melalui pembelajaran terus-menerus, agar tetap relevan dengan dengan tuntutan organisasi.

“Untuk itu, workshop ini menjadi penting guna memberikan pengetahuan kepada pejabat administrator, tentang bagaimana melakukan coaching dan mentoring di lingkungan unit kerjanya masing-masing,” kata Sekda Kabupaten Bogor

Menurutnya, seorang pimpinan harus mampu melakukan pembinaan kepada para pegawai, melalui mentoring dan coaching

Karena setiap pegawai mempunyai hak untuk mendapatkan pengembangan kompetensi guna meraih potensi yang lebih optimal dalam menjalankan tugas. 

Terlebih jabatan administrator memiliki peran dan fungsi strategis sebagai “middle manager”, selain menjadi penghubung antara kebijakan dan pelaksanaan kegiatan, jabatan administrator, juga mempunya kewajiban untuk mengelola sumber daya manusia.

“Peranan atasan dalam pengembangan kompetensi bawahannya sangat besar, sehingga outcome yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pejabat administrator mampu membangun hubungan yang baik antara pimpinan dan staf. Agar tercipta iklim kerja yang harmonis, kondusif dan produktif,” tegasnya.

Kemudian, Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, Reni Suzana menyampaikan, apresiasi kepada Pemkab Bogor atas terselenggaranya kegiatan coaching dan mentoring terhadap 105 pejabat administrator lingkup Pemkab Bogor. 

Sehingga dapat membantu Pemkab Bogor dalam meningkatkan kinerja dari organisasi melalui metode ini. 

“Karena peningkatan kinerja tidak selalu dengan tugas, tetapi dengan menerapkan metode ini dapat mendorong, mengapresiasi, mengungkit potensi yang dimiliki para ASN lingkup Pemkab Bogor,” tutur Reni Suzana.

Di tempat yang sama, Kepala BKPSDM Kabupaten Bogor, Rusliandy menerangkan, workshop coaching dan mentoring ini dilakukan untuk menjaga hubungan antara atasan dengan bawahan, dalam rangka menuju mengakselerasi pencapaian target kinerja dan organisasi.

"Jadi atasan itu sebagai coachingnya, bawahan senantiasa memberikan arahan dan memberikan challenge atau tantangan, termasuk diantara memberikan motivasi pada bawahan. Jadi metodenya tidak lagi kekuasaan dan kewenangan, tapi lebih kepada kekeluargaan, lebih menerapkan bagaimana mencapai target capaian sudah ditetapkan," jelasnya.

Lebih lanjut disebutkan, kedua coaching dan mentoring ini mendukung pelaksanaan implementasi dari Corporate University di Kabupaten Bogor. 

Sebab Corporate University merupakan metode serangkaian upaya pengembangan potensi pegawai, tanpa atau hanya menggunakan classical yang digunakan, kalau sekarang classical itu lebih condong kepada pengembangan kompetensi individunya saja.

“Tapi dengan Corporate University, pengembangan kompetensi ini diarahkan kepada akselerasi capaian tujuan target kinerja yang sudah ditetapkan pemerintah daerah maupun organisasi. Mudah-mudahan dengan coaching dan mentoring ini dapat lebih kompetensi nya terbangun, kita kan ada namanya index profesionalitas ASN, nah index profesionalitas ASN ini bisa kita tingkatkan dari lima besar se-Jawa Barat yakni diangka 85, bisa meningkat menjadi nomor satu dengan mendapatkan angka 90,” imbuhnya. ***

饾悘饾悶饾惂饾惍饾惀饾悽饾惉: 饾悆饾悽饾惁饾悮饾惉 
饾悇饾悵饾悽饾惌饾惃饾惈: 饾悆饾悶饾悵饾悵饾惒 饾悂饾惀饾惍饾悶

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author