Tol Bogor - Serpong Siap Dibangun, Waktu Tempuh Bisa 45 Menit

Tol Bogor - Serpong Siap Dibangun, Waktu Tempuh Bisa 45 Menit

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat siap membangun Tol Bogor -Serpong melintasi Parung, Kabupaten Bogor.

Pembangunan Tol Bogor-Serpong via Parung yang dirancang sepanjang 31,12 kilometer dengan nilai biaya mencapai Rp 8,95 triliun itu, dipastikan bakal mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

Pasalnya, waktu tempuh Bogor-Serpong saat ini bisa dicapai dalam waktu 2-3 jam perjalanan. Namun bila Tol Bogor-Serpong sudah direalisasikan, waktu tempuh perjalanan bisa lebih cepat sekitar 1 jam bahkan bisa jadi hanya sekitar 45 menit.

Kendati begitu, pihak Kementerian PUPR belum bisa memastikan proses pembebasan lahan bakal dimulai tahun ini atau tidak.

"Tergantung PPJT (Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol), PPJT ditandatangani kita proses," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian.

Dalam materi saat pemaparan rapat dengan DPR beberapa waktu lalu, tertera ruas Tol Bogor-Serpong via Parung dalam tahap permohonan jawaban pertanyaan aanwijzing atau persiapan oleh panitia. Besar biaya lelangnya mencapai Rp 8,95 triliun.

Disebutkan, Tol Bogor-Serpong merupakan bagian dari rencana jaringan jalan Tol Jakarta Outer Ring Road -3 (JORR-3), untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan wilayah Jabodetabek. 

Menurut rencana, titik awal jalan tol itu akan menghubungkan persimpangan Selabenda (Bogor) dan persimpangan Serpong melalui Parung.

Terdapat 5 interchange dan 2 junction dimana jarak antar persimpangan adalah +5 km. Proyek itu diprakarsai oleh PT Pama Persada Nusantara. 

Sedangkan masa konsesinya selama 40 tahun dengan Struktur Pendanaannya Equity sebesar 30 persen serta Debt sebesar 70 persen. ***

Penulis: Dimas

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author