Terbesar di Indonesia, Ribuan Guru Honorer Dilantik Plt. Bupati Bogor

Terbesar di Indonesia, Ribuan Guru Honorer Dilantik Plt. Bupati Bogor

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Sebanyak 2.981 guru honorer di Kabupaten Bogor dilantik Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Rabu, 5 Juli 2023.


Pelantikan ribuan guru honorer yang digelar di lapangan Tegar Beriman, Cibinong, ditandai dengan pembagian Surat Keputusan (SK) pengangkatan PPPK Guru. Lantas, pengambilan sumpah janji para guru honorer menjadi PPPK Guru formasi fungsional guru oleh Iwan Setiawan.

Pelantikan ribuan PPPK Guru formasi fungsional guru itu dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) dan kualitas pendidikan di Kabupaten Bogor.
Plt. Bupati Bogor menyebutkan, sejak 2019 hingga 2023, Pemerintah Kabupaten Bogor telah mengangkat 5.420 guru honorer menjadi PPPK.

Dengan rincian, tahun 2019 sebanyak 1.115 guru, tahun 2020 tidak ada penerimaan, tahun 2021 sebanyak 1.324 guru dan tahun 2022 sebanyak 2.981 guru.

"Senang sekali berada di tengah ribuan guru Kabupaten Bogor. Hari ini ada 2.981 guru honorer yang dilantik menjadi PPPK. Jika ditotal, sejak 2019 hingga 2023, Pemkab Bogor telah mengangkat 5.420 guru honorer menjadi PPPK," sebut Iwan Setiawan.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat membagikan Surat Keputusan Pengangkatan PPPK Guru, kepada seorang guru honorer. 

Lebih lanjut Iwan Setiawan mengungkapkan, pengangkatan guru honorer menjadi PPPK Guru tahun 2023 merupakan jumlah terbesar di Indonesia.

"Tentunya patut disyukuri sebab tidak semua daerah tiap tahunnya dapat mengangkat guru honorer menjadi PPPK Guru karena keterbatasan anggaran," ungkapnya

Menurutnya, 2.981 formasi guru PPPK yang dilantik itu hasil seleksi PPPK Guru Tahun 2022, yang merupakan bukti dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Bogor bagi para guru honorer, sebagai upaya optimalisasi layanan pendidikan di Kabupaten Bogor.

Bahkan tahun 2023 ini Iwan Setiawan akan merekrut kembali PPPK formasi fungsional guru sebanyak 2.909 guru

"Pemerintah Kabupaten Bogor akan terus berusaha mengajukan formasi bagi guru honorer untuk menjadi PPPK. Mudah-mudahan semua diakomodir pemerintah pusat agar semua guru honorer di Kabupaten Bogor bisa segera diangkat menjadi PPPK," tuturnya.

Lantaran itu, Iwan Setiawan berpesan kepada ribuan guru honorer yang telah dilantik sebagai PPPK agar selalu menjadi teladan yang baik.

"Selamat kepada yang sudah dilantik, selamat bergabung di lingkungan PNS Kabupaten Bogor, semoga terus menjadi teladan yang baik," tandas Plt. Bupati Bogor. ***
Penulis: Dimas
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author