Tanam 21 Juta Bibit Pohon, Polri Raih Rekor Muri

Tanam 21 Juta Bibit Pohon, Polri Raih Rekor Muri

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Rabu, 23 Agustus 2023.

Pasalnya, gagasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan "Program Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini", dilaksanakan serentak di 34 Polda dan 510 Polres serta seluruh Polsek di Indonesia, hari ini.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan menanam pohon. Pohon-pohon ini akan memberikan manfaat bagi kehidupan kita, seperti menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida, mencegah erosi tanah, dan lain-lain. Mari kita lestarikan alam demi keberlanjutan hidup yang lebih baik,” kata Kapolri.

Lebih lanjut, Kapolri menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam penanaman pohon serentak. 

Selain itu berharap kegiatan penghijauan itu dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat, untuk menghijaukan Indonesia, melestarikan dan memperbaiki iklim.

"Kegiatan penanaman pohon serentak ini bukan hanya merupakan tindakan konkret untuk menjaga lingkungan. Tetapi juga sebagai wujud kepedulian dan sinergi antara aparat kepolisian, pemerintahan, dan masyarakat. Dalam menjaga alam demi keberlanjutan hidup yang lebih baik," tegas Jenderal Listiyo Sigit Prabowo.

Polres Bogor Tanam 8.000 Pohon

Sementara itu, menindaklanjuti instruksi Kapolri, jajaran Polres Bogor juga melakukan penanaman pohon serentak di 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Bahkan, Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro melaksanakan penanaman pohon di sekitar Stadion Pakansari, Cibinong, bersama Forkopimda Kabupaten Bogor.

"Polres Bogor secara serentak menanam sebanyak 8.000 pohon yang tersebar di 32 Polsek, di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor. Itu jumlah yang terbesar di Polda Jawa Barat. Kami coba untuk melihat skala prioritas, mana yang harus ditanam," sebut Kapolres Bogor. 

Menurutnya, "Program Polri Pelestarian Negeri Penghijauan Sejak Dini" adalah bagian dari program Presisi Kapolri, di mana transformasi pelayanan publik Polri hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Ini berkaitan dengan siklus kehidupan yang makin lama makin berat, menghadapi bencana El Nino maupun bahaya kekeringan. Kita hijaukan kembali lahan-lahan tidur yang ada. Alhamdulillah kami diberikan kesempatan untuk bisa melakukan penghijauan di lahan milik Pemkab Bogor,” kata AKBP Rio.

Diungkapkannya, program penghijauan yang merupakan instruksi Kapolri tersebut, telah dikalkulasi matang. Sehingga diharapkan kelestarian bumi terus terjaga. 

"Tentunya kami sudah mengkalkulasikan, dan melihat kebutuhan masyarakat, dengan adanya penghijauan ini diharapkan masyarakat tidak lagi menebang pohon dengan sembarangan. Kita lihat 5-10 tahun ke depan cuaca semakin panas, tentunya kita harus sama-sama menjaga bumi ini sejak dini. Sehingga kita sebagai anak bangsa, harus bisa menjaga dunia ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, terkait ada beberapa wilayah Kabupaten Bogor yang mengalami kekeringan, Kapolres Bogor merencanakan akan membuat sumur bor di lahan-lahan kering.

"Untuk selanjutnya mungkin minggu depan kami akan melakukan pengeboran di lahan-lahan kering, nanti akan dipusatkan di pondok pesantren masing-masing desa. Tentunya nanti akan didistribusikan ke RT, RW, bahkan ke desa. Nanti itu tidak diperjualbelikan, itu bagian dari wujud Polri hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat," tandasnya. ***

Penulis: Fajar

Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author