Sukseskan Pemilu 2024, Pj. Bupati Bogor Bersama Kemendagri Perkuat Sinergi Kades dan Camat se-Kabupaten Bogor 

Sukseskan Pemilu 2024, Pj. Bupati Bogor Bersama Kemendagri Perkuat Sinergi Kades dan Camat se-Kabupaten Bogor 

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI gandeng Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Bogor, untuk memperkuat kolaborasi mewujudkan pesta demokrasi 2024 damai dan kondusif. 

Serta tercapainya peningkatan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, yang dikemas melalui Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa/Kelurahan di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Rabu, 24 Januari 2024.

Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu, menjelaskan, berbicara Pemerintahan Desa berdasarkan Undang-Undang Pemerintah Desa memiliki hak dan kewajiban salah satunya memastikan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 berjalan aman, damai, kondusif dan sukses.

"21 hari lagi Pemilu 2024 akan dilaksanakan, saya harap para Kades, Lurah, Camat se-Kabupaten Bogor fokus dan memastikan pelaksanaan pesta demokrasi dengan sukses. Pemilu 2024 harus kondusif, jangan sampai Pemilu yang seharusnya disambut dengan riang gembira justru disusupi oleh pihak tidak bertanggung jawab yang menimbulkan gesekan dan mengganggu ketentraman masyarakat," katanya.

Menurut Pj Bupati Bogor, suksesnya Pemilu 2024, tentu karena partisipasi keterlibatan warga dalam menggunakan hak konstitusional. 

Dalam kesempatan ini, Asmawa Tosepu mengajak semua aparat dari mulai jajaran Pemkab Bogor, para Kades, Lurah, Camat hingga tingkat RT, RW untuk komitmen dalam menyukseskan dan memastikan Pemilu 2024 di Kabupaten Bogor.

"Insya Allah Pemilu 2024 berjalan lancar, kondusif dan partisipasi masyarakat juga meningkat. Ini penting karena pertanggungjawabannya tidak hanya di dunia juga diakhirat kelak. Sebab perjuangan semangat bapak ibu jadi bagian ibadah. Semangat harus terus dijaga, harus gaspol dalam memimpin pemerintahan desa, gaspol dalam menjalankan kegiatan di desa, serta kemandirian masyarakat desa," tuturnya.

Kemudian secara daring, Plh. Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, La Ode Ahmad P. Bolombo menuturkan, peningkatan kompetensi lingkup Pemerintah Desa (Pemdes), pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat kemudian pembangunan pedesaan menjadi perhatian pemerintah.

"Saya titipkan kepada Pemdes agar tetap berjalan seperti biasa jalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Serta turut mendukung program prioritas nasional seperti, pengentasan kemiskinan, penurunan stunting serta pengendalian inflasi," katanya.

Selanjutnya, Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab mengatakan, per hari ini seluruh pejabat eselon dua lingkup Pemkab Bogor ditugaskan melakukan pembinaan kepada seluruh Kades, dan Kecamatan dalam membantu pelaksanaan suksesi Pemilu 2024, sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, serta antisipasi kondusifitas terhadap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang jaraknya agak jauh dari Polsek.

Dikatakannya, sosialisasi harus gencar dilakukan kepada masyarakat terutama mengenai contoh surat suara. Karena ada lima bentuk surat suara, ini harus tersosialisasi dengan baik.

"Sosialisasi harus gencar jangan sampai masyarakat bingung salah satunya pemilih pemula. Agar tingkatkan partisipasi masyarakat terhadap Pemilu meningkat, serta terciptanya suasana kegembiraan di TPS mudah-mudahan apa yg diharapkan mulai dari level PPK hingga PPS dapat terlaksana dengan baik," imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin serta para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Bogor. ***

Penulis: Dicky
Editor: Muhammad Zafry Akbar

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author