Sukses Membina Desa Sadar Hukum, Iwan Setiawan Raih Penghargaan Anubhawa Sasana dari Kemenkumham RI

Sukses Membina Desa Sadar Hukum, Iwan Setiawan Raih Penghargaan Anubhawa Sasana dari Kemenkumham RI

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews-Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan meraih penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan tahun 2023 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), Sabtu, 2 September 2023.

Penghargaan itu diberikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kepada Iwan Setiawan, pada acara Peresmian Desa / Kelurahan Sadar Hukum dan Pemberian Penghargaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), di Aula Barat Gedung Sate, Bandung.

Plt. Bupati Bogor menerima penghargaan tersebut karena dinilai berhasil membina dan mengukuhkan desa-desa di Kabupaten Bogor sebagai Desa Sadar Hukum.

Pada acara tersebut, Ridwan Kamil, juga menyerahkan penghargaan Desa Sadar Hukum tahun 2023 dari Gubernur Jawa Barat, kepada 10 desa dan 5 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Yakni, Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja, Desa Caringin Kecamatan Caringin, Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin, Desa Pasir Muncang Kecamatan Caringin, Desa Cigombong Kecamatan Cigombong, Desa Ciburayut Kecamatan Cigombong, Desa Cipicung Kecamatan Cijeruk, Desa Cijeruk Kecamatan Cijeruk, Desa Cijujung Kecamatan Sukaraja, dan Desa Sukamahi Kecamatan Megamendung.

“Semoga desa-desa yang sudah meraih penghargaan sebagai Desa Sadar Hukum, masyarakatnya, aparat pemerintahannya, dan seluruh komponen yang ada dalam desa tersebut menjadi lebih paham dan tertib dengan aturan hukum yang berlaku,” ungkap Iwan Setiawan.

Plt. Bupati Bogor menambahkan, upaya untuk mensosialisasikan, meningkatkan pemahaman, dan membina kesadaran atas hukum di desa-desa dan kelurahan se-Kabupaten Bogor akan terus dilakukan. 

"Dengan adanya kesadaran hukum yang tinggi, jalannya pemerintahan akan kondusif dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, usai menyerahkan penghargaan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berpesan agar seluruh masyarakat selalu taat kepada nilai-nilai Pancasila.

"Semua urusan membangun negeri ini ada pada Pancasila. Kemudian sebagai pemimpin harus menjadi pemimpin yang sensitif, biasakan selesaikan masalah sebelum masalah itu timbul," ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyebutkan, kenapa Jawa Barat juara, karena filsafat sundanya diterapkan, nilai-nilai Pancasila-nya ditegakan. Hasilnya indeks kondusifitas Jawa Barat tinggi sekali, nilainya 87,5. Artinya warga Jawa Barat merasakan nyaman tinggal di Jawa Barat. ***

Penulis: Dicky

Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author