SMSI Bogor Raya Jalin Kerjasama dengan RHG yang Melayani Tanpa Diskriminasi

SMSI Bogor Raya Jalin Kerjasama dengan RHG yang Melayani Tanpa Diskriminasi

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Radjak Hospital Group (RHG) bertekad memberikan pelayanan kesehatan paripurna bagi masyarakat, tanpa diskriminasi.

Hal itu diungkapkan Direktur RGH Purwakarta, dr M. Andri Mutaqqin yang hadir berkunjung silaturahmi ke Sekretariat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bogor Raya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat, 23 Juni 2023.

"Pasien umum atau pasien BPJS, tetap kami layani. Kalaupun ada pasien yang belum tertangani yang disebabkan tempat tidur rawat inap penuh, karena jumlahnya terbatas, maka kami memberlakukan waiting list (daftar tunggu),” katanya.

Menurutnya, pelayanan tanpa diskriminasi merupakan instruksi manajemen pusat RHG. Karena RHG merupakan Rumah Sakit dengan akreditasi Paripurna dengan mengutamakan mutu keselamatan pasien.

"Kami memberikan layanan kesehatan yang menyeluruh untuk masyarakat dengan teknologi yang mumpuni serta memberikan layanan pasien dengan jaminan dari perusahaan, asuransi, BPJS, dan pembayaran pribadi," jelasnya.

Dalam kunjungan silaturahmi tersebut, dihadiri empat dari enam pimpinan Rumah Sakit(RS) member RHG yang berada di bawah RHG Group, yakni Direktur RS MH Thamrin Cileungsi, RHG Salemba, RHG Purwakarta dan RHG Harapan Keluarga Cikarang.

Selain Direktur RHG Purwakarta, hadir juga dr. Ika Sofrina, selaku Business Development Radjak Hospital Salemba, Direktur Rumah Sakit M.H. Thamrin Cileungsi (Member of RHG), dr. Mastika Talib, dan dr. Eko Budi Heryanto, Direktur Rumah Sakit Harapan Keluarga Cikarang (Member of RHG) dan Marketing Communication (Marcom) RHG, Jamilda Hanum.

Perlu diketahui, RHG merupakan metamorfosis dari Rumah Sakit M.H. Thamrin di Salemba, Jakarta, yang didirikan pada tahun 1979 oleh Dr. H. Abdul Radjak.

Hingga kini, RHG telah memiliki enam rumah sakit. Antara lain di Jakarta, Cileungsi, Cikarang, Cibitung, Cengkareng dan Purwakarta. Beberapa layanan unggulan disediakan bagi pasien antara, lain Neuroscience, Bedah Digestif, Bedah Vascular, Paru, Orthopedi, Jantung. Trauma Center, Bedah Thoraks, Kardiovaskular, Bedah Mulut, Bedah Ortopedi, Pain Intervention dan Brain serta Spine Center.

Radjak Hospital memiliki fasilitas pelayanan yang lengkap diantaranya layanan Gawat Darurat, Radiologi, Laboratorium, dan Farmasi 24 jam. Selain itu, area parkir yang luas, ruang edukasi pasien, ruang laktasi, ATM Center, Musholla, kantin, dan area lobi yang nyaman. 

"RHG Purwakarta sudah menjalin kerjasama dengan 85 asuransi dan 234 perusahaan yang sudah bekerjasama. Selain itu, kami telah memiliki ct scan 80 slice yang bisa menampilkan Video Virtual Endoscopy dan Virtual Bronchoscopy. RHG Purwakarta merupakan rumah sakit tipe B dengan kapasitas 251 tempat tidur,” papar dr. Andri.

Hal senada terkait pelayanan juga dikatakan dr. Ika Sofrina, selaku Business Development Radjak Hospital Salemba, yang memaparkan mengenai layanan Centre of Excellent dari Radjak Hospital Salemba, yakni Neuroscience (Tindakan DSA, Coilling) untuk gangguan dan kelainan pembuluh darah otak, Bedah Digestif (penanganan operasi saluran cerna dengan alat-alat canggih, seperti ERCP ( batu empedu), laparoscopy appendictomy.

“Selain bedah Vascular (tindakan EVLA, penanganan varises dg laser, Orthopedi antara lain tindakan penggantian sendi lutut (TKR) dan penggantian sendi panggul (THR), Layanan Chateterisasi Jantung, utk tindakan CAG dan PCI (Pemasangan Stent), Paru Paru,” jelasnya

Menurut dr. Ika, RHG Salemba adalah Rumah sakit pusat dari Jaringan Radjak Hospital yang saat ini menjadi rujukan bagi cabang Radjak Hospital serta kedepannya Radjak Hospital Salemba akan melakukan launching layanan Bariatrik. 

"Kapasitas Rawat Inap 204 tempat tidur, dan merupakan rumah sakit kelas B, yang dilengkapi dengan dokter-dokter spesialis dan subspesialis yg kompeten di bidangnya. Selain itu, dilengkapi fasilitas penunjang antara lain.seperti CT Scan 160 slice, X-Ray, Panoramic, USG, Treadmill, Echocardiography, EEG, EMG, Spirometri dan Audiometri. Kami juga meyediakan sarana Helipad untuk air-medical evacuation.” paparnya.

Sedangkan Direktur Rumah Sakit M.H. Thamrin Cileungsi (Member of RHG), dr. Mastika Talib menyebutkan, memiliki pelayanan Center of Excellent yakni layanan, Bedah Thoraks, Kardiovaskular dan Bedah Mulut.

Begitu juga, dr Eko Budi Heryanto, Direktur Rumah Sakit Harapan Keluarga Cikarang (Member of RHG) menambahkan, Center of Excellent di rumah sakit yang dipimpinnya adalah, Trauma Center (Bedah Umum, Bedah Orthopedi, Bedah Syaraf, THT (KL), Syaraf ), Layanan Obsgin Sub Spesialis Fetomaternal, Ruang Intensif (ICU, NICU, PICU), Pemeriksaan Penunjang: CT-Scan 32 Slice, Photo Panoramic, USG 4D.

“Kami juga memiliki layanan jemput ambulance gratis dan program CS untuk lingkungan sekitar. Selain itu kami memiliki kapasitas 119 tempat tidur,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua SMSI Bogor Raya, Piyarso Hadi mengatakan sangat menyambut baik kunjungan silaturahmi dan rencana kerjasama RHG dengan SMSI Bogor Raya.

“Ini merupakan wawasan baru bagi teman-teman pimpinan media Siber (online-red) mengenai layanan kesehatan, dimana kita ikut berperan serta dalam membantu mensosialisasikan berbagai layanan kesehatan kepada masyarakat dari rumah sakit yang tergabung dalam RHG. Semoga kerjasama dalam membangun komunikasi ini tidak hanya berhenti sampai sini saja,” kata Hadi

Menurutnya, berbagai layanan yang disediakan RHG merupakan langkah maju untuk menghilangkan kesan negatif pelayanan kesehatan, khususnya dari RS swasta yang selama ini dianggap sejumlah masyarakat.

"Jelas kesan negatif itu hilang. Apalagi, RHG ini telah menyediakan layanan gratis ambulance jemput pasien yang ada di sekitar wilayah terdekat RS tanpa membeda-bedakan pasien," ujarnya.

Lebih lanjut, Hadi menyebutkan, SMSI Bogor Raya sangat menyambut antusias dengan rencana ke depan yang diprogramkan RHG. Karena, program–program tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk pasien. 

"Dari pertemuan dan diskusi ini kami sepakat akan ada lanjutan rencana program yang akan segera dilaksanakan pada tahun 2023," tandasnya. ***

Penulis: Dimas

Editor: Muhammad Zafry Akbar 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author