Samisade Desa Citeko Dialokasikan Betonisasi Dua Jalan Desa dan Bangun TPT

Samisade Desa Citeko Dialokasikan Betonisasi Dua Jalan Desa dan Bangun TPT

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pemerintah Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, menggelar launching Samisade Desa Citeko, tahun anggaran 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisarua, yang terdiri dari Camat, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Cisarua.

Kepala Desa Citeko, H. Sahrudin Sobirin menunjukan papan pelaksanaan proyek Samisade Desa Citeko. (Foto: Deddy Blue/BogorZoneNews)

Kepala Desa Citeko, H. Sahrudin Sobirin menjelaskan, bantuan keuangan infrastruktur desa dari Pemerintah Kabupaten Bogor, Satu Miliar Satu Desa yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Bogor dialokasikan untuk peningkatan infrastruktur jalan.

"Samisade tahun anggaran 2023 saat ini kami alokasikan untuk dua titik jalan desa dan pembangunan tembok penahan tebing (TPT)," jelas H. Sahrudin, Kamis, 20 Juli 2021.

Disebutkan Kepala Desa Citeko, proyek Samisade tersebut berada di dua titik, masing-masing, betonisasi Jalan Desa dan pembangunan TPT di Kampung Citeko RT 002/008 dan betonisasi Jalan Desa di Kampung Citeko RT 002/007. Proyek Samisade tersebut dilaksanakan warga setempat.

"Betonisasi dua ruas Jalan Desa itu untuk meningkatkan kelancaran transportasi masyarakat, sekaligus upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena bila transportasi lancar, masyarakat juga akan lancar mengangkut hasil pertanian untuk dijual," papar BHS, sapaan akrab H. Sahrudin.

Desa Citeko Ketiga Terbaik se-Jawa Barat 

Disebutkan Kepala Desa Citeko, penggunaan anggaran Samisade itu dilaksanakan secara transparan. Sehingga, seluruh masyarakat Desa Citeko dapat mengawasi.

"Laporan penggunaan anggaran Samisade akan kami publikasikan melalui papan pengumuman. Jadi jangan mencari atau bertanya lagi ke Kades Citeko," sebutnya.

Perlu diketahui, dalam pengelolaan dana desa, Pemerintah Desa Citeko meraih penghargaan Ketiga Terbaik se Provinsi Jawa Barat, yang diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho, pada Rabu, 14 Juni 2023.

"Saya berharap bila pelaksanaan Samisade sudah direalisasikan, masyarakat dapat menjaga dan merawatnya. Karena program Samisade ini tujuannya untuk manfaat bagi masyarakat," tandasnya.

Penyerahan sertifikat penghargaan Ketiga Terbaik se Provinsi Jawa Barat, yang diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah DJPb Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho, pada Rabu, 14 Juni 2023.

Jangan Ada Kades di Cisarua yang Ditangkap APH

Camat Cisarua, Ivan Pramudya menyebutkan, dana Samisade yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Bogor, yang dikatakan sebesar Rp 1 miliar, nyatanya tidak demikian. Sebab ada alokasi lainnya yang harus dikeluarkan dari dana Samisade.

"Ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar bisa dimengerti," ujarnya.

Lebih lanjut Ivan mengingat, jangan pernah ada penyimpangan atau kecurangan dalam pelaksanaan program Samisade. Karena sudah pasti usai pelaksanaan akan ada pelaporan dan pertanggungjawaban publik.

"Jangan sampai ada lagi Kepala Desa yang ditangkap aparat penegak hukum (APH), gara-gara penyalahgunaan anggaran Samisade. Intinya saya tidak mau hal itu terjadi di Cisarua," tegasnya. ***

Penulis: Dicky

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author