Rusak Parah, Paguyuban Warga Bongkar Paksa Rumah Mak Ku'ah

Rusak Parah, Paguyuban Warga Bongkar Paksa Rumah Mak Ku'ah

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews – Paguyuban warga Kampung Neglasari, Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor bongkar paksa rumah Mak Ku'ah, seorang janda warga setempat, yang kondisinya rusak parah.

Sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang kurang mampu, paguyuban sosial yang dibentuk warga Kampung Neglasari, Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, melaksanakan gotong royong bongkar paksa, memperbaiki rumah milik Mak Ku’ah.

Pasalnya, rumah Mak Ku’ah, yang berada di lingkungan RT 04 RW 04, Desa Tugu Jaya itu, bisa dibilang kondisinya sudah rusak parah akibat terdampak bencana longsor beberapa waktu lalu. Terlebih, Mak Ku’ah hidup sebatang kara.

Seorang tokoh masyarakat setempat, Ahmad Apendi menerangkan, di Kampung Neglasari telah dibentuk paguyuban sosial. Paguyuban yang bergerak di bidang sosial, lanjutnya, bertujuan untuk membantu warga yang kurang mampu.

“Ya, kami telah membentuk paguyuban yang beranggotankan antara lain warga setempat, ketua RT, RW dan juga pemilik villa,” ungkap Apen sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, dana untuk membangun rehabilitasi rumah janda itu didapat secara swadaya, dari hasil iuran warga setempat dan pemilik villa yang turut andil memberikan bantuan.

“Nah, iuran ini digunakan untuk keperluan warga kurang mampu. Intinya, kami bersyukur dengan hasil iuran atau gotong royong warga yang tergabung di paguyuban warga Neglasari. Kami berhasil mengumpulkan dana untuk memperbaiki rumah Mak Ku’ah secara permanen,” ujarnya.

Apen bercerita, perbaikan rumah tersebut berawal dari warga yang mendengar bencana longsor menimpa rumah Mak Ku’ah. Warga pun langsung sigap dengan membantu membersihkan material longsor. 

Kemudian, pihak paguyuban mengadakan musyawarah untuk membantu memperbaiki rumah tersebut. Hingga terkumpul sejumlah dana hasil iuran dari paguyuban warga Neglasari.

“Kami belikan bahan materialnya seperti genteng, batako, semen dan pasir serta kebutuhan lainya,” ucapnya.

Aksi sosial paguyuban warga ini mendapat perhatian dari Kepala Desa Tugu Jaya, Muhamad Rifky Abdilah.

Selain apresiasi, Rifky juga memberikan support kepada warganya, termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa pun turut pula memberikan bantuan.

“Alhamdulilah, semua turut andil, baik itu warga , ketua RT, RW, sampai Kasie Kesranya. Saya bangga dan senang atas semua kepedulian mereka kepada warga yang membutuhkan bantuan, Insya Allah dengan gotong royong, rumah Mak Ku’ah dapat selesai secepatnya serta bisa dihuni kembali, ” ucap Rifky.

Dengan adanya kerja sama atau gotong royong, sambung Rifky, semua masalah atau kesulitan dapat diatasi dengan baik. Apalagi bicara sosial.

“Ini patut dicontoh oleh warga lainya, karena dengan membantu warga kurang mampu dapat meringankan beban mereka,” tandasnya.***

Penulis: Agus Sudrajat

Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author