Prabowo Subianto Didukung Koalisi Empat Parpol, Kekuatan PT Capai 46 Persen

Prabowo Subianto Didukung Koalisi Empat Parpol, Kekuatan PT Capai 46 Persen

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Empat partai politik mendeklarasikan dukungan untuk Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024, Prabowo Subianto, di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 13 Agustus 2023.

Ke-empat partai politik itu, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKB dan PAN. Dalam deklarasi tersebut hadir Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Seperti diketahui, Partai Gerindra dan PKB, sejak setahun lalu telah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Kini Partai Golkar dan PAN sama sama mendukung Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto maju dalam pencalonan Presiden 2024.

Kekuatan Mesin Prabowo

Dengan bergabungnya empat partai politik tersebut, kekuatan Presidential Threshold (PT) atau Ambang Batas Pencalonan Presiden Ketum Partai Gerindra mencapai sekitar 46 persen. Artinya, sudah melampaui ambang batas pencalonan Presiden.

Sebab, menurut Undang-Undang Pemilu mensyaratkan pasangan calon presiden dan wakil presiden memenuhi persyaratan perolehan kursi parpol atau gabungan parpol pengusung minimal 20 persen dari kursi DPR atau 25 persen dari suara sah nasional.

Karena jika ditotal koalisi Gerindra, Golkar, PKB dan PAN sudah memenuhi ambang batas pencalonan presiden. 

Berikut rincian kekuatan masing-masing partai politik tersebut:

Fraksi Partai Golkar 85 kursi/14,78%

Fraksi Partai Gerindra 78 kursi/13,57%

Fraksi PKB 58 kursi/10,09%

Fraksi PAN 44 kursi/7,65%

Total: 265 kursi/46,09%

Koalisi Bagian dari Pemerintahan Jokowi 

Usai mendapat dukungan politik dari Partai Golkar dan PAN, Prabowo Subianto mengaku merasa sangat berbesar hati, bersama rekan-rekan koalisi tidak malu untuk mengatakan bagian dari pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Saya merasa sangat besar hati kepercayaan ini dalam satu tahun kita berdiskusi kita sudah memikirkan langkah-langkah. Dan kita di sini juga tidak malu-malu mengatakan bahwa kita adalah bagian dari tim pemerintahan yang dipimpin oleh bapak Ir H Joko Widodo," sebut Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan Jokowi telah berhasil memimpin Indonesia. Karena itu, kepemimpinan Jokowi akan menjadi landasan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang adil dan makmur.

"Kita harus berani mengatakan, Jokowi berhasil dalam membawa bangsa dan negara ini sampai sekarang. Sebagai landasan untuk kita terus membawa Indonesia menuju cita-cita bangsa dan rakyat Indonesia yaitu negara adil dan makmur dan negara yang bisa membawa kesejahteraan ke seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Prabowo mengungkapkan, dirinya bertekad untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia ke depannya. Apalagi telah memahami masalah yang dihadapi bangsa Indonesia selama membantu Jokowi dalam pemerintahan. 

"Saya bersama tokoh-tokoh di depan Gus Imin, Mas Airlangga, Pak Zulkifli kita telah bergulat, kita bersama-sama telah memahami masalah, kita telah mengerti bersama-sama dengan Pak Jokowi, kita telah melihat arah ke depan kita yakini bahwa Indonesia akan menuju keadaan yang dicita-citakan rakyat Indonesia," ungkap Prabowo.

Kenapa Partai Golkar Mendukung Prabowo?

Sementara itu, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan, alasan Partai Golkar mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

"Kenapa Partai Golkar menjatuhkan pilihan kepada bapak Prabowo Subianto? Tidak lain, tidak bukan karena bapak Letnan Jendral (Purn.) Pak Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar. Karena itu, beliau mengikuti berbagai kegiatan di partai Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi, ini egaliter, searah, sejalan, dan se-tujuan dengan Partai Golkar, Pak Prabowo," jelas Ketum partai berlambang pohon beringin.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga juga mengaku bangga dengan koalisi empat partai politik yang mendukung Prabowo Subianto.

"Saya merasa bangga, empat partai menjadi satu dan dalam sikap kami, para Ketua Umum empat partai mudah berkomunikasi dan punya visi dan misi yang sama," sebutnya.

Menurutnya, deklarasi yang berlangsung Minggu, 13 Agustus 2023 di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat itu, menjadi momen bersejarah mendukung Prabowo Subianto sebagai Bacapres 2024.

"Hari Minggu ini merupakan momen bersejarah karena empat partai akan mengusung bapak Prabowo Subianto sebagai Capres 2024-2029. Semoga Allah SWT melindungi kita semua dan memudahkan jalan kita bersama," tuturnya.

Lantas, Airlangga menilai dan meyakini Prabowo merupakan sosok yang tepat melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi. 

"Proses yang diawali Presiden Joko Widodo wajib dilanjutkan. Kami merasa Pak Prabowo Subianto tokoh yang tepat melahirkan Indonesia menjadi negara maju," tandasnya. ***

Penulis: Deddy Blue

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author