Pj. Bupati Bogor: Ijtima Ulama Penting Untuk Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi Antara Ulama dan Umaro

Pj. Bupati Bogor: Ijtima Ulama Penting Untuk Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi Antara Ulama dan Umaro

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, ijtima ulama penting sebagai momentum meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara ulama dan umaro, serta menjadi forum untuk saling mengingatkan dalam kebaikan.

Asmawa menegaskan, ijtima ulama juga penting sebagai wadah untuk membahas masalah-masalah strategis keumatan dan kebangsaan.

“Diharapkan hasil dari ijtima ulama kali ini dapat memberikan masukan dan saran yang konstruktif kepada Pemerintah Daerah, terkait kebijakan yang menyentuh aspek keumatan, mengingat ulama memiliki peran strategis untuk mewujudkan daerah yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur,” kata Asmawa Tosepu.

Hal itu dikatakannya, pada acara Ijtima Ulama dan pembukaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) angkatan 18 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu, 11 September 2024.

Pj. Bupati Bogor mengungkapkan, Kabupaten Bogor merupakan Kabupaten dengan populasi umat Islam terbesar di Indonesia. Sehingga, di tengah kondisi perkembangan zaman yang semakin tidak menentu, dengan kultur masyarakat yang sangat beragam, membuat tantangan yang dihadapi umat juga semakin kompleks, mulai dari permasalahan sosial, moral, hingga perkembangan teknologi yang sangat cepat.

“Diperlukan kebijakan dan arahan yang tepat untuk memastikan, bahwa pembangunan masyarakat tidak hanya difokuskan pada aspek material atau fisik, tetapi juga mencakup nilai-nilai non-fisik atau spiritual dan moral yang kokoh,” ungkap Asmawa.

Sementara itu, menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Bogor, Asmawa menyebutkan, para ulama, kyai dan tokoh agama sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada umat, agar masyarakat dapat menggunakan hak suaranya dalam memilih Pemimpin Daerah.

"Saya sangat berharap partisipasi masyarakat pada Pemilukada kali ini dapat melebihi partisipasi pilpres dan pileg yang berada di angka 83 persen," sebutnya.

Karena itu, menurut Asmawa Tosepu, partisipasi aktif masyarakat sangat penting untuk menentukan pembangunan di Kabupaten Bogor dalam 5 tahun ke depan. Karena itu, Pilkada serentak tahun 2024 harus berjalan sukses, aman, dan damai untuk masa depan Kabupaten Bogor yang lebih baik.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Atase Agama dan Pendidikan Kedutaan Besar Arab Saudi, Syekh Ahmed Bin Essa Al Hazmi, dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto.

Hadir juga perwakilan Forkopimda Kabupaten Bogor, Ketua MUI Kabupaten Bogor, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor, Kepala Baznas Kabupaten Bogor, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bogor, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Camat dan Forkopimcam se-Kabupaten Bogor, Ketua MUI Kecamatan dan Desa, pimpinan ormas islam, para alim ulama.***

Penulis: Fajar
Editor: Muhammad Zafry Akbar

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author