Pengunjung Bogor Fest 2023 Dihipnotis Pertunjukan Kolosal 'Tapa Sang Prabu' dari Kecamatan Cariu

Pengunjung Bogor Fest 2023 Dihipnotis Pertunjukan Kolosal 'Tapa Sang Prabu' dari Kecamatan Cariu

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pertunjukan kolosal 'Tapa Sang Prabu', yang digelar berbagai unsur dari Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, menghipnotis pengunjung Bogor Fest 2023, yang digelar di sekitar Stadion Pakansari, Cibinong.

Bahkan, karena dinilai sebagai karya pegelaran terbaik, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan langsung memberi apresiasi.

Pagelaran kolosal yang disajikan berbagai unsur dari Kecamatan Cariu tersebut, merupakan rangkaian kegiatan Helaran Budaya pada momen Bogor Fest 2023, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Camat Cariu, Bangbang Padmanegara menjelaskan, pertunjukan kolosal 'Tapa Sang Prabu' menceritakan kisah perjuangan Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi dalam menjaga keamanan kerajaan dan rakyatnya dari serangan musuh. Serta menjaga agar negaranya kuat, masyarakatnya makmur, sejahtera dan sehat.

Menurut Bangbang, peserta Helaran Budaya Kecamatan Cariu itu terdiri dari 91 orang siswa SMAN 1 Cariu Kabupaten Bogor, Pramuka, Paskibra, Muspika Kecamatan Cariu, Ketua TP-PKK Desa, staff Kecamatan Cariu, perangkat desa, hingga Kepala KUA Kecamatan Cariu.

"Alhamdulilah kerja keras kita terbayar, karena mendapat apresiasi langsung dari Plt. Bupati Bogor. Untuk pagelaran ini, anak-anak setiap Sabtu meluangkan waktunya. Sekarang mereka merasa senang dan bangga," tegas Camat Cariu.

Diungkapkannya, persiapan dan latihan 'Tapa Sang Prabu' dilakukan sejak sekitar satu bulan lalu.

"Semua dikerahkan, untuk persiapan, kita lakukan sekitar 1 bulan lebih, rutin latihan setiap hari Sabtu, baik di sekolah maupun lapangan tematik depan Kecamatan Cariu," ungkap Bangbang. 

Sementara itu, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menjelaskan, Kabupaten Bogor memiliki berbegai kearifan lokal yang merupakan hasil kekayaan intelektual, cipta karya dan karsa masyarakat yang harus dilestarikan, dikembangkan sebagai warisan budaya, leluhur dan karakteristik jati diri masyarakat Kabupaten Bogor. 

“Melalui helaran ini kita gali potensi, tradisi kearifan lokal dan turut menjaga keberlanjutan serta nilai luhur seni budaya kita,” tandas Iwan Setiawan. ***

Penulis: Fajar

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author