Penempatan Damkar di Puncak, Tunggu Disposisi Sekda Kabupaten Bogor

Penempatan Damkar di Puncak, Tunggu Disposisi Sekda Kabupaten Bogor

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Entis Sutisna mengatakan, penempatan mobil pemadam kebakaran di rest area Puncak, Cisarua menunggu disposisi Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor.

"Suratnya sudah disampaikan tinggal menunggu disposisi dari Pak Sekda," kata Entis, saat ditemui di Kantor Kecamatan Cisarua, Selasa, 1 Agustus 2023.

Hal tersebut diungkapkan sehubungan tuntutan masyarakat Puncak, yang meminta ditempatkan armada pemadam kebakaran di kawasan pariwisata tersebut.

Pasalnya, keberadaan Sektor Pemadam Kebakaran Ciawi, yang berada di komplek kantor Kecamatan Ciawi, dinilai tidak efektif.

Lantaran selain kondisi lalu lintas jalur Puncak kerap macet, karena padatnya volume kendaraan, juga banyak area pemukiman di wilayah Puncak dan sekitarnya, yang akses jalannya terbilang masih sempit.

"Kami sudah siap menempatkan satu unit armada damkar di rest area Puncak, itu sebagai bukti respon dan tanggung jawab kami melayani dan merespon tuntutan masyarakat Puncak," ungkap Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Arman Jaya.

Kendati begitu, diungkapkan Kadis Damkar Kabupaten Bogor, sampai saat ini satu unit mobil pemadam kebakaran yang telah disiapkan, masih belum bisa ditempatkan di areal rest area Puncak.

"Intinya, kami sudah siap, tetapi sampai sekarang masih belum bisa dialokasikan di rest area Puncak, 'kuncinya' ada di Disdagin," ungkap Arman Jaya.
Selain itu terkait tuntutan adanya mobil pemadam kebakaran untuk penanggulangan musibah kebakaran juga diungkapkan, Komandan Koramil 0621-/Cisarua, Mayor TNI Infanteri Eka Purnama.

"Makanya, kami berharap pihak Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor menyediakan satu unit mobil damkar di wilayah Cisarua. Karena apabila terjadi kebakaran, bisa dengan cepat dan segera diatasi," tegasnya.

Begitu juga Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Cisarua, Effendi menyebutkan, pihaknya telah menyampaikan surat terkait tuntutan masyarakat Cisarua, yang berharap disiagakan satu unit mobil pemadam kebakaran di kawasan Puncak.

"Tuntutan masyarakat itu sudah kami respon dengan gercep (gerak cepat-red). Tapi sampai saat ini masih belum direalisasikan. Padahal Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor sudah siap dan mengalokasikan satu unit mobil damkar," sebut Effendi. ***


Penulis: Deddy Blue
Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author