Pemkab Bogor Tebar Puluhan Ribu Kartu Bodas Bagi Siswa SD dan SMP

Pemkab Bogor Tebar Puluhan Ribu Kartu Bodas Bagi Siswa SD dan SMP

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan meluncurkan Kartu Bogor Cerdas (Bodas) tahun 2023, yang dialokasikan untuk 19.184 siswa Sekolah Dasar (SD) dan 8.876 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bogor, Selasa, 5 Desember 2023.

Hal tersebut sebagai realisasi janji Bupati Bogor, 5 tahun lalu, yang merupakan bagian dari program Pancakarsa.

Alokasi anggaran pendukung pendidikan bagi setiap siswa SD sebesar Rp250 ribu. Sedangkan bagi setiap siswa SMP sebesar Rp300 ribu.

"Sebagai janji kami kepada masyarakat 5 tahun lalu. Hari ini merupakan wujud dari implementasi janji tersebut, kalau di tingkat nasional ada yang namanya Kartu Indonesia Pintar, di Kabupaten Bogor ada Kartu Bogor Cerdas yang anggarannya dari APBD," jelas Iwan Setiawan, saat peluncuran kartu Bodas di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong.

Menurutnya, peluncuran kartu Bodas tersebut sebagai komitmen merealisasikan program Pancakarsa yakni Karsa Bogor Cerdas.

“Alhamdulillah hari ini bisa kita wujudkan, meluncurkan Kartu Bogor Cerdas di tahun 2023, yang merupakan bantuan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, yang diberikan kepada siswa SD dan SMP yang kurang mampu yang terdata dalam Dapodik dan belum terlayani Program Indonesia Pintar,” ungkapnya.

Iwan menegaskan, kartu Bodas merupakan kebijakan yang membuktikan keberpihakan Pemkab Bogor kepada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bogor. 

"Semoga, siapapun nantinya yang akan memimpin Kabupaten Bogor nanti, kalau program kebijakannya baik dan bermanfaat untuk masyarakat, bisa dipertahankan," ujarnya.

Disebutkan Bupati Bogor, yang masa jabatannya tinggal beberapa hari ke depan, jika Kartu Bogor Cerdas dijalankan dengan baik di Kabupaten Bogor, diharapkan dapat meningkatkan capaian rata-rata lama sekolah di Kabupaten Bogor. 

"Insya Allah dapat tercipta generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berdaya saing dan berakhlak mulia. Demi mewujudkan Karsa Bogor Cerdas dan cita-cita Indonesia Emas,” tandas Bupati Bogor, Iwan Setiawan. ***

Penulis: Dimas 
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author