Pemkab Bogor Raih Penghargaan Penyelenggaraan Kearsipan Dengan Nilai Memuaskan Dari ANRI

Pemkab Bogor Raih Penghargaan Penyelenggaraan Kearsipan Dengan Nilai Memuaskan Dari ANRI

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) meraih penghargaan sebagai "Pemerintah Daerah Kabupaten Berkinerja Terbaik di Provinsi Jawa Barat" dengan kategori A atau "Memuaskan". 

Penghargaan yang diserahkan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Desi Pratiwi, di Hotel Mercure, Samarinda, Kalimantan Tengah, Rabu, 29 Mei 2024 tersebut, terkait penyelenggaran kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), hasil pengawasan kearsipan tahun 2023.

Mewakili Pj. Bupati Bogor, Asisten Administrasi Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi yang menerima penghargaan tersebut, didampingi Sekretaris dan jajaran DAPD Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Arsip Nasional ke-53. 
 
Asisten Administrasi Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi mengungkapkan, Pemkab Bogor tahun ini mendapatkan penghargaan Hasil Pengawasan Kearsipan terbaik di Provinsi Jawa Barat dengan Kategori A (Memuaskan).
 
“Tentunya ini merupakan hasil kerja keras dari jajaran Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, dan tentunya atas dukungan dari seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Bogor yang perlu diapresiasi,” ungkap Ade Jaya.
 
Ade menjelaskan, untuk mendapatkan penghargaan tersebut, ada beberapa aspek penilaian dari penyelenggaraan arsip seperti aspek kebijakan, aspek pengelolaan arsip dinamis, pengelolaan arsip inaktif, pengelolaan arsip statis, sarana prasarana, serta SDMK.
 
“Sejatinya nilai ini bukan hanya penilaian terhadap Dinas Arsip dan Perpustakaan saja, tetapi 60 persen dari Penilaian Audit Sistem Kearsipan Eksternal dan 40 persen Audit Sistem Kearsipan Internal. Dimana hal itu merupakan penilaian kinerja kearsipan seluruh perangkat daerah di Kabupaten Bogor,” jelas Ade.

Ade berharap, ke depan seluruh perangkat daerah dapat segera menerapkan SRIKANDI dalam mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Yang juga merupakan salah satu komponen penilaian Tingkat Digitalisasi Arsip agar lebih tertib dalam pengelolaan arsip. ***

Penulis: Rizky 
Editor: Muhammad Zafry Akbar

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author