Pemkab Bogor Opening Wonderful Puncak, Dongkrak Pariwisata dan UMKM

Pemkab Bogor Opening Wonderful Puncak, Dongkrak Pariwisata dan UMKM

Smallest Font
Largest Font

饾悂饾惃饾悹饾惃饾惈饾悪饾惃饾惂饾悶饾悕饾悶饾惏饾惉 - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar Opening Wonderful Puncak "Harmony Of Bogor" yang berlangsung di Rest Area Gunung Mas, Puncak Cisarua, Jumat, 4 Oktober 2024.

Hal tersebut sebagai upaya mempromosikan pariwata, seni budaya serta produk UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Bogor.

Bahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengapresiasi kemeriahan event Wonderful Puncak yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Pj. Bupati Bogor Bachril Bakri mengatakan, Opening Wonderful Puncak menjadi sarana promosi wisata Puncak Kabupaten Bogor, yang sengaja dilakukan di Rest Area Puncak untuk menyemarakkan Rest Area Puncak, sebagai tempat relokasi para pedagang kaki lima (PKL), agar menjadi lokasi strategis dan titik kumpul, untuk meningkatkan kunjungan, juga perekonomian masyarakat.

Lanjut Bachril Bakri, sektor pariwisata di Kabupaten Bogor memiliki pertumbuhan positif setiap tahunnya. Bahkan wisatawan yang datang ke objek wisata Kabupaten Bogor mencapai 6,31 juta jiwa, baik wisatawan Nusantara dan Mancanegara, dan sektor pariwisata juga mampu berkontribusi terhadap PAD Kabupaten Bogor terutama wisata di Puncak.

"Hari ini ada lomba nasi goreng, karena nasi goreng disukai Obama dan Presiden Korea Selatan. Kita berharap nasi goreng semakin disukai masyarakat di dunia. Melalui penataan Puncak kita jadikan nasi goreng semakin go internasional," kata Bachril.

Sedangkan, Direktur Event Daerah Kemenparekraf, Reza Pahlevi mengungkapkan, event tersebut menjadi salah satu strategi yang cukup efektif memajukan wisata di kawasan Puncak.

"Saya mendukung apa yang telah dilakukan, agar terus mengadakan event. Sehingga rest area semakin maju dan bagaimana membangun kolaborasi dengan komunitas-komunitas secara bergilir diajak ke kawasan ini," ungkapnya.

Menurut dia, melalui penyelenggaraan event di kawasan Puncak dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat setempat. Ia juga menyampaikan apresiasi Menparekraf Sandiaga Uno atas penataan kawasan wisata Puncak yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

"Pak Sandi sangat apresiasi dan menyampaikan salam, atas seluruh upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor, sehingga membuat Puncak semakin nyaman dikunjungi," katanya.

Ia menyebutkan, Kabupaten Bogor banyak memiliki destinasi wisata, selain Puncak, juga Geopark Pongkor dan beberapa curug yang menjadi daya tarik wisatawan dari mancanegara.

Selanjutnya, Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Yudi Santosa menjelaskan,  event Wonderful Puncak terdiri dari beberapa sesi, salah satunya Harmony of Bogor, yang dilaksanakan pada 4-5 Oktober 2024. Berbagai suguhan seni dan budaya lokal ditampilkan untuk membantu peningkatan jumlah kunjungan di kawasan wisata Puncak.

Sedangkan acara lainnya di even Wonderful Puncak yaitu Harmony of Bogor, Puncak Fashion Week & West Java Folklore, Santap Mantap, Festival Tari Bogor, Flashmob Pencak Silat, Puncak Art Passion & Crative Market, serta Puncak Fest.

"Saat ini tahap optimalisasi kawasan wisata di Puncak. Menjadikan kawasan wisata yang berkelanjutan triggernya tetap ada di Rest Area Gunung Mas Puncak," tandasnya.

Turut hadir yakni, Pj. Sekda, Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Pj. Ketua DWP Kabupaten Bogor dan perwakilan Kemenparekraf. ***

饾悘饾悶饾惂饾惍饾惀饾悽饾惉: 饾悜饾悽饾惓饾悿饾惒 
饾悇饾悵饾悽饾惌饾惃饾惈: 饾悓饾惍饾悺饾悮饾惁饾惁饾悮饾悵 饾悪饾悮饾悷饾惈饾惒 饾悁饾悿饾悰饾悮饾惈

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author