Pemkab Bogor Luncurkan Aplikasi Srikandi Wujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Pemkab Bogor Luncurkan Aplikasi Srikandi Wujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Bogor meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). 

Lantaran itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, yang mewakili Plt. Bupati Bogor meresmikan peluncuran aplikasi Srikandi meminta kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor agar menggunakan aplikasi Srikandi. Karena sebagai wujud implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bogor.

"Kepada Dinas Arsip, agar mengawal dan mendampingi untuk memastikan integrasi aplikasi Srikandi, ini berjalan baik,” ujar Burhanudin, di kawasan Sukaraja, Selasa, 27 Juni 2023.

Dijelaskan Sekda Kabupaten Bogor, penggunaan aplikasi Srikandi dalam tata persuratan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor merupakan upaya untuk beradaptasi dengan kecepatan perkembangan teknologi.

“Aplikasi Srikandi menjadikan sistem surat menyurat terintegrasi secara elektronik sehingga semakin mudah, cepat, dan akurat mulai dari proses pembuatan, penandatanganan, pengiriman, termasuk penyimpanan dokumen menjadi lebih efisien dan terstruktur,” jelas Burhanudin.

Ia menambahkan, Srikandi dapat memonitor status surat secara real-time, mengurangi risiko kehilangan atau tumpang tindih data, sehingga akan meningkatkan transparansi, efektivitas dan efisiensi dalam tata kelola pemerintahan. 

Karena dengan pengelolaan arsip yang baik, tata kelola birokrasi pemerintahan jadi semakin profesional. Sehingga mendukung upaya pencapaian tujuan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat semakin prima.

“Saya perintahkan kepada seluruh kepala perangkat daerah dan camat di lingkungan pemerintah Kabupaten Bogor agar segera menggunakan aplikasi Srikandi," tandasnya.

Kepala DAPD Kabupaten Bogor, Tb. Luthfie Syam mengungkapkan, saat ini penggunaan aplikasi Srikandi dilakukan dan perlu dioptimalkan. 

“Adminnya sudah ditunjuk, sudah ada surat tugasnya, datanya sudah di kami, user ID sudah diberikan, sarananya sudah ada, dan kami juga sudah menyediakan Arsiparis penghubung yang ditunjuk melalui SK Bupati. Mari sama-sama kita dukung karena ini demi kepentingan kita semua,” ungkap Luthfie. ***

Penulis: Rizky

Editor: Muhammad Zafry Akbar 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author