Pemerintah Bodebek Tandatangani MoU Layanan Transportasi Terintegrasi

Pemerintah Bodebek Tandatangani MoU Layanan Transportasi Terintegrasi

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Lima pemerintahan di wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pelayanan transportasi terintegrasi.

Komitmen bersama pelayanan transportasi terintegrasi tersebut ditandatangani Walikota Bogor, Sekda Kabupaten Bogor, Pj. Bupati Bekasi, Sekda Kota Depok, dan Sekda Kota Bekasi, disaksikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Balaikota Bogor, Jumat, 21 Juli 2023.

Pelayanan transportasi terintegrasi antara Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi (Bodebek) dengan Jakarta tersebut, sebagai upaya pengembangan di bidang moda transportasi publik, secara khusus untuk meningkatkan pelayanan transportasi yang terintegrasi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, penduduk Jawa Barat telah tembus angka 50 juta orang. Sehingga, kepadatan di wilayah aglomerasi ini sungguh sangat signifikan.

Di Jawa Barat dikatakannya, terdapat dua wilayah aglomerasi yakni Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) dan aglomerasi Bandung Raya. Sehingga pengelolaan di wilayah ini dibutuhkan sebuah sistem organisasi yang baik.

“Hari ini, urusan transportasi kita ikhtiarkan untuk dilakukan upaya-upaya yang baik. Kita semua di sini bisa lihat ada bus yang kita sediakan jadi moda transportasi menuju stasiun LRT, lalu LRT tersebut lanjut menuju Jakarta,” ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan, karena itu Pemerintah Daerah di wilayah Bodebek harus bekerjasama, karena dalam sistem peradaban, ekonomi tidak bisa dibatasi batas wilayah, semua harus bekerja sama.

“Ini adalah komitmen dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar kelancaran ekonomi khususnya di wilayah aglomerasi Jabodetabek dan Jakarta-Banten-Jawa Barat, minimal di Jawa Barat kita maksimalkan, sehingga warga bisa lancar menuju Jakarta menggunakan LRT dan ke LRT-nya kita sediakan bus di lima wilayah tadi,” tandasnya.

Ridwan Kamil berharap, untuk tahun-tahun mendatang lebih banyak yang naik kendaraan umum ketimbang naik kendaraan pribadi.***

Penulis: Dimas

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author