Puncak Terlihat Asri dan Lebih Nyaman Pasca Penertiban PKL

Puncak Terlihat Asri dan Lebih Nyaman Pasca Penertiban PKL

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pasca penertiban pedagang kaki lima (PKL), situasi kawasan Puncak terlihat asri dan lebih nyaman, Selasa, 25 Juni 2024.

Bahkan para PKL sudah memasuki Rest Area Gunung Mas dan berdagang, yang mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Sehingga, situasi dan kondisi lalu lintas jalur Puncak terasa lenggang dan lancar dengan pemandangan yang lebih luas, tanpa terhalang bangunan-banguan kios atau lapak pedagang, yang sebelumnya memadati kiri-kanan jalur wisata tersebut.

Nur, wisatawan asal Bintaro Jakarta Selatan menuturkan, dirinya beberapa kali pernah berkunjung ke Puncak, namun setelah adanya penertiban PKL, ia melihat jalan di sekitar puncak jadi lebih lega, dan lebih bersih.

“Diharapkan Puncak bisa lebih indah dan keasriannya bisa terjaga, dan untuk para pedagang bisa lebih tertata misalnya di rest area Puncak, sehingga wisatawan pun bisa tetap berwisata kuliner di Puncak,” tutur Nur.

Sedangakan menurut sepasang wisatawan lainnya asal Jakarta, Fandy dan Septianingsih, kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Puncak salah satunya untuk menikmati pemandangan pegunungan yang asri dan indah.

“Setelah ada penertiban, sekarang sudah lebih terlihat pemandangan Puncak yang indah, karena sebelumnya kan terhalang oleh bangunan pedagang. Dan kalau ada rest area Puncak itu lebih bagus jadi sambil istirahat menikmati pemandangan, kita juga bisa jajan,” kata Fandy dan Septianingsih.

Fathul Bari Andika, wisatawan asal Kabupaten Tangerang menyebutkan, Puncak sekarang terlihat lebih bersih dan pemandangannya lebih mudah dilihat dari sebelumnya yang terhalang bangunan di pinggir-pinggir jalan.

“Puncak jadi terlihat bersih dan indah, bagus banget, sekarang pemandangannya lebih terlihat karena gak ada bangunan-bangunan liar lagi di pinggir jalan,” ujar Fatul.

Pemkab Gelar Evaluasi Penataan Puncak 

Sementara itu, di Ruang Rapat Bupati Bogor, Cibinong, Pj. Sekretaris Daerah, Suryanto Putra melakukan pertemuan dengan perwakilan pedagang dan tokoh masyarakat Puncak. 

Pertemuan tersebut membahas evaluasi pasca kegiatan penataan. Turut hadir pada pertemuan tersebut, perwakilan Forkopimda Kabupaten Bogor, perwakilan PTPN I Regional 2 dan PT. Sumber Sari Bumi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Direktur PT. Sayaga Wisata Kabupaten Bogor.

Suryanto mengungkapkan, pada pertemuan tersebut, ada hal-hal yang menjadi tuntutan pedagang mengenai kondisi Rest Area Gunung Mas Puncak diantaranya ingin diramaikan. 

Terkait tuntutan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor berjanji, ke depan Rest Area Gunung Mas akan diramaikan, agar menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Puncak. 

Karena itu dalam pertemuan tersebut, para perangkat daerah dan instansi terkait ikut dilibatkan, untuk bersama-sama melakukan kegiatan di Rest Area Gunung Mas Puncak agar ramai pengunjung. 
  
“Kemudian soal fasilitas yang dikeluhkan, terkait dengan air bersih, sanitasi, dan lain sebagainya sudah kita akomodir semua. Jadi kita berharap para pedagang bisa masuk ke rest area dan berjualan dengan nyaman di sana,” ungkapnya.

Suryanto menjelaskan, perkembangan yang sudah dilakukan hingga hari ini pun, sudah dilaporkan ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. 

Selanjutnya, karena jalan di kawasan Puncak merupakan kewenangan Nasional, maka Pemerintah Kabupaten Bogor akan meminta bantuan untuk merapikan lahan bekas PKL yang sudah dibongkar.

Sehingga agar bisa rapih kembali dan menghindari pedagang berjualan di tempat yang sama.

“Saya juga sudah minta jajaran Satpol PP dan Pemerintah Kecamatan Cisarua untuk menjaga area tersebut bilamana ada yang kembali berjualan segera ditertibkan, jangan sampai ada pembiaran,” tandas Suryanto. ***

Penulis: Dicky 
Editor: Muhammad Zafry Akbar

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author