One Health Bogor Hade Diluncurkan, Bupati Bogor Berharap Derajat Kesehatan Masyarakat Meningkat

One Health Bogor Hade Diluncurkan, Bupati Bogor Berharap Derajat Kesehatan Masyarakat Meningkat

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama jajaran RSUD Cibinong, meluncurkan pengembangan layanan kesehatan unggulan berbasis One Health Bogor Hade, Kamis, 5 Oktober 2023.

“Saya ingin layanan unggulan ini berdampak langsung untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Sehingga pelayanan dapat lebih maksimal, lebih efisien, lebih singkat dan masyarakat lebih nyaman,” jelas Iwan Setiawan.

Disebutkan Bupati Bogor, layanan unggulan inovasi yang dibuat Direktur RSUD Cibinong itu, merupakan konsep baru di dunia kesehatan. Karena, ada sinergi antara kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

Selain itu juga merupakan salah satu sistem yang terintegrasi dengan seluruh pelayanan di RSUD Cibinong. Tujuannya agar meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan memudahkan masyarakat mengakses pelayanan kesehatan.

"Semoga mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor dan sekitarnya,” sebutnya.

Dijelaskan Iwan Setiawan, Pemerintah Kabupaten Bogor hingga kini terus berupaya meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, untuk menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas.

"Sehingga, dengan berkembangnya layanan di RSUD Cibinong yang mencakup pelayanan penyakit infeksi emerging dan zoonosis, yang didukung penambahan klinik gizi dan herbal, klinik kedokteran okupasi dan agromaritim, klinik akupuntur dan hipnoterapi, terapi hiperbarik. Semoga menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas," beber Bupati Bogor.

Sementara itu, Direktur RSUD Cibinong Yukie Meistisia Anandaputri Satoto menjelaskan, sebagai rumah sakit rujukan regional, RSUD Cibinong ditugaskan Kementerian Kesehatan untuk melaksanakan layanan-layanan unggulan, yang harus siap menerima kegawatdaruratan selama 24 jam. Termasuk pelayanan unggulan berbasis One Health Bogor Hade.

“Bogor Hade merupakan layanan khusus gawat darurat untuk penyakit infeksi emerging dan zoonosis atau penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Bogor Hade juga adalah pelayanan yang terintegrasi untuk pelayanan tradisional komplementer, untuk menangani pasien secara holistik, pengobatan tradisional komplementer itu melengkapi pelayanan kesehatan kedokteran modern,” jelas Yukie.

Pertama di Jawa Barat

Yukie menuturkan, dirinya belajar dari pengalaman pandemi Covid-19 dimana saat ini harus siap mengidentifikasi potensi wabah, juga harus selalu siap untuk kegawatdaruratan, apalagi jika berkaitan dengan wabah. 

Lantaran itu, Bogor Hade juga memberikan inovasi baru, yakni pelayanan kesehatan tradisional komplementer dan layanan kesehatan berbasis One Health yang pertama di Jawa Barat.

“Jika ada potensi wabah, dari Puskesmas bisa mengidentifikasi sejak awal, sehingga rumah sakit sudah bersiap-siap untuk menghadapi hal tersebut, juga sudah terkoneksi dengan 112 Diskominfo dan 119 SiTegar,” tutur Yukie.

Diungkapkan Yuki, untuk siap menerima kegawatdaruratan selama 24 jam, maka RSUD Cibinong membangun Command Center di Instalasi Gawat Darurat (IGD).
Selain menerima rujukan dari Puskesmas, juga menerima rujukan dari rumah sakit sekitar dan juga rujukan melalui layanan 112 dan 119.

“Dengan dukungan Bupati Bogor, RSUD Cibinong bersama Pemkab Bogor siap untuk menunjang pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat,” tandas Yukie. ***

Penulis: Fajar
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author