MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Bogor Dibuka, Bupati Bogor Berharap Lahir Generasi Qur'ani

MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Bogor Dibuka, Bupati Bogor Berharap Lahir Generasi Qur'ani

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten Bogor, Senin, 4 September 2023.

MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Bogor yang berlangsung di Gunung Sindur, yang berlangsung 4-7 September 2023 itu diikuti 2.160 peserta.

Dalam pelaksanaannya dilombakan 8 cabang perlombaan diantaranya cabang Tilawah Al-Qur’an, cabang Qira’at Al-Qur’an, cabang Hafalan Al-Qur’an, cabang Tafsir Al-Qur’an, cabang Fahm Al-Qur’an Golongan Putera dan Puteri Beregu, cabang Syarh Al-Qur’an Golongan Putera dan Puteri Beregu, serta cabang Khath Al-Qur’an.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebutkan, gelaran MTQ tersebut sebagai sarana melahirkan generasi dan calon pemimpin yang Qur'ani, yang senantiasa membudayakan membaca Al-Qur'an.

Selain itu, momentum MTQ ke-45 diharapkan dapat juga mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah Kecamatan Gunung Sindur.

"Mudah-mudahan di kegiatan MTQ ke-45 selama empat hari ini ada perputaran ekonomi buat masyarakat Gunung Sindur. Pasti seluruh kafilah, peserta dan panitia tidak mungkin tidak makan, tidak jajan dan tidak sewa rumah, pastinya ada perputaran uang selama MTQ berlangsung, mudah-mudahan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat gunung Sindur," harap Bupati Iwan Setiawan.

Dijelaskannya, pelaksanaan MTQ merupakan sarana membangun generasi Qurani yang cerdas dan berakhlakul karimah menuju Kabupaten Bogor yang beradab. Hal itu sesuai misi Kabupaten Bogor yakni kesalehan sosial, yang dibungkus dalam Pancakarsa Bogor berkeadaban. 

"Bogor berkeadaban ini bisa terwujud dibuktikan oleh budaya warga masyarakat yang menjunjung tinggi peradaban, agama, suku, adat juga budaya itu yang disebut berkeadaban," jelas Iwan Setiawan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bogor menyatakan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Gunung Sindur yang senantiasa menjaga kondusifitas dan harmonisasi lingkungan salah satunya dibuktikan melalui desa paling toleran di wilayah Kecamatan Gunung Sindur. 

"Saya apresiasi di Gunung Sindur ada satu desa yang sangat toleran, tempat beribadahnya saling berdampingan masyarakatnya beribadah saling menghormati. Terimakasih kepada Camat Gunung Sindur, kades dan warga masyarakat yang senantiasa menjaga harmonisasi kondusifitas keamanan Kabupaten Bogor," jelasnya.

Selain itu patut diketahui, pelaksanaan MTQ ke-45 tahun 2023, merupakan sejarah bagi Kecamatan Gunung Sindur. Karena sejak awal berdirinya kecamatan, baru kali ini Gunung Sindur menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Bogor. 

"Ini jadi sejarah untuk Gunung Sindur kali pertama MTQ bisa dilaksanakan, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat, Kades, RT, RW dan seluruh tokoh masyarakat yang telah menyambut kafilah dari seluruh Kabupaten Bogor ini suatu kehormatan bagi kami," tandas Bupati Bogor. ***

Penulis: Dicky

Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author