Mensos Target 1.000 Pasien Operasi Katarak Gratis

Mensos Target 1.000 Pasien Operasi Katarak Gratis

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Kementrian Sosial RI kembali menggelar Program Bakti Sosial Kesehatan, dengan target 1.000 pasien katarak lanjut usia, yang operasinya digratiskan.

"Kami melakukan operasi katarak gratis di seluruh Indonesia. Hari ini, di wilayah Bogor kami mulai melakukan operasi katarak, dimana dari 1.000 pasien, setelah menjalani screening yang lolos hanya 350 pasien," ungkap Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, saat berkunjung ke RSUD Ciawi, Kabupaten Bogor, Rabu, 25 Oktober 2023.

Disebutkannya, 350 pasien yang menjalani operasi katarak gratis itu, tidak hanya dari Kabupaten dan Kota Bogor, tetapi juga dari Kabuaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

"Pasiennya juga ada dari Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten," sebutnya.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Surabaya ini menjelaskan, pasien katarak harus segera diobati, segera dioperasi. Karena, jika tidak, bisa menambah berat tanggungjawab Kemensos, penderita katarak dikhawatirkan akan menjadi tunanetra.

"Kalau pasien katarak ini tidak segera dioperasi, maka mereka menjadi penyandang disabilitas atau tuna netra. Kalau tidak segera ditangani, itu membuat tanggung jawab semakin berat, oleh karena itu, langkah ini untuk mencegah, dan bagi pasien setelah dioperasi mereka jadi lebih mandiri dan produktif," jelas Menteri Sosial.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Ciawi Fusia Meidiawaty menjelaskan, sebanyak 147 pasien katarak dioperasi di RSUD Ciawi. Jumlah dokter yang menangani operasi katarak di RSUD Ciawi ada tiga dokter dan 20 perawat  Sedangkan proses operasinya berlangsung selama dua hari.

Lantas, pasca menjalani operasi katarak, pasien dilarang basah, tidak boleh mengangkat barang berat dan jangan banyak menunduk selama dua hari.

"Sebanyak 30 pasien pada hari ini dan sisanya pada hari Minggu lusa. Setelah dioperasi katarak, mereka akan menjalani rawat jalan dan ada obat serta arahan yang kami berikan," tandasnya. ***

Penulis: Rizky
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author