KPAD Kabupaten Bogor Raih Anugerah KPAD Terbaik se-Indonesia

KPAD Kabupaten Bogor Raih Anugerah KPAD Terbaik se-Indonesia

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor berhasil meraih penghargaan Anugerah KPAI 2023, kategori KPAD Terbaik, Kamis, 20 Juli 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan pihak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan diterima Ketua KPAD Kabupaten Bogor, Jopie Gilalo, yang didampingi para komisioner, di studio salah satu televisi swasta di Jakarta.

Jopie Gilalo menyebutkan, penghargaan tersebut merupakan salah satu prestasi tertinggi bagi KPAD Kabupaten Bogor, selama terbentuk pada tahun 2020 lalu.

"Penghargaan itu diberikan atas komitmen KPAD Kabupaten Bogor dalam melakukan pengawasan pemenuhan hak anak, dan perlindungan anak di daerah dengan penguatan kelembagaan, regulasi yang efektif, standar operasional yang jelas serta sinergitas," sebutnya.

Selain itu, dukungan sarana prasarana yang memadai serta penilaian Sistem Monitoring dan Evaluasi Pelaporan Perlindungan anak (SIMEP), yang merupakan salah satu instrumen Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berbasis aplikasi, yang bertujuan untuk menilai komitmen dan inovasi daerah, dalam mengawasi dan menindaklanjuti berbagai upaya, serta kepedulian terhadap pemenuhan dan perlindungan hak anak.

"Tindak lanjut SIMEP ini setelah dianalisis dan ditelaah KPAI, selanjutnya dijadikan rumusan rekomendasi bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pengawasan dan perlindungan khusus anak," ungkap Jopie.

Sedangkan Wakil Presiden, Maruf Amin dalam pesannya yang disampaikan melalui tayangan video menyatakan, perlindungan anak harus menjadi perhatian bersama dan kasus anak harus diselesaikan berdasarkan regulasi yang ada.

“Keluarga perlu mendapatkan perhatian khusus, karena keluarga sebagai miniatur bangsa harus dapat tertangani dalam perlindungan anak. Optimalkan digital publik sebagai bagian sosialisasi perlindungan anak termasuk berbagai kebijakan pemerintah," pesannya.

Sementara itu, Sekretaris dan juga Komisioner KPAD Kabupaten Bogor, Erwin Suriana mengatakan, dalam menjalankan tugas dan fungsinya lembaga ini bersinergi dengan berbagai dinas terkait di lingkungan Pemkab Bogor, aparat penegak hukum, kalangan perguruan tinggi dan organisasi peduli anak lainnya.

"Mudah-mudahan keberhasilan ini mampu memberikan energi positif agar kami dapat terus melangkah bersama untuk membangun dan mewujudkan Kabupaten Bogor Layak Anak," tandasnya. ***

Penulis: Dicky 

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author