Kinerja Pemerintahan Kecamatan Cisarua di Semester II 2023, Telah Direalisasikan 

Kinerja Pemerintahan Kecamatan Cisarua di Semester II 2023, Telah Direalisasikan 

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pemerintah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dalam semester II di tahun 2023, telah melaksanakan berbagai kinerjanya.

Hal itu sebagai bukti pelaksanaan tugas dan kewajiban aparatur wilayah, dalam memajukan, membangun serta menciptakan situasi yang tertib dan aman di wilayah Kecamatan Cisarua.

Target realisasi kinerja yang dilaksanakan itu, tentunya tidak hanya untuk internal Pemerintahan Kecamatan Cisarua saja, melainkan juga untuk 9 Pemerintahan Desa dan 1 Pemerintahan Kelurahan, termasuk seluruh masyarakat setempat.

"Dalam hal pemerintahan kami telah mensosialisasikan Implementasi Transaksi Non Tunai dan Penyusunan APBDesa dalam Penganggaran Sistem Keuangan Desa bagi Pemerintah Desa
Desa," ungkap Camat Cisarua, Heri Risnandar, kepada BogorZoneNews.com, Kamis, 21 Desember 2023.

Pasalnya, menurut Camat Cisarua, Pemerintahan Desa merupakan daerah otonom yang memiliki peran strategis dalam mengelola pemberdayaan, serta memajukan sumber daya yang tersedia, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

"Sehingga pada akhirnya bisa menjadi spirit otonomi bagi seluruh aparatur desa, untuk memahami tata kelola pemerintahan," ujarnya.

Sistem Keuangan Desa Akuntabilitas dan Transparan

Lebih-lebih saat ini, dikatakan Heri, desa dituntut harus mampu mengelola anggaran Pemerintah yang nilainya cukup besar. 

Sehingga, dalam pengelolaan Sistem Keuangan Desa diharapkan dapat menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparan melalui peningkatan sumber daya dan sarana pendukung lain, seperti memanfaatkan kemajuan teknologi Informasi dalam mengelola Pemerintah Desa.

Penyaluran Bansos 

Sementara itu, terkait Seksi Pemberdayaan Masyarakat (PM), Pemerintah Kecamatan Cisarua telah merealisasikan penyaluran Bantuan Sosial Permakanan Lansia diatas usia 70 tahun.

Bantuan sosial itu disalurkan dalam bentuk makanan jadi, untuk 90 KPM Lansia selama periode Juli sampai Desember 2023.

Selain itu, Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Kesejahteraan Sosial di Wilayah Kecamatan Cisarua, juga telah dilaksanakan.

"Termasuk, Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Penanganan Masalah Sosial dan Kesejahteraan Sosial di Wilayah Kecamatan Cisarua bersama TKSK Cisarua, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Cisarua, Pendamping Rehabilitasi Sosial, Pendamping PKH, TAGANA, TRC dan Karang Taruna Kecamatan Cisarua," sebut Camat Cisarua.

LPJ Samisade 2023

Sehubungan dengan kinerja Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang),
Desk LPJ Samisade tahun 2023 juga telah dilaksanakan.

"Tujuan desk untuk mengetahui sejauh mana progres penyusunan laporan kegiatan bantuan keuangan infrastruktur desa (Samisade) tahun 2023. Pelaksanaannya  pada 4 Desember 2023, bertempat di Aula ruang kerja seksi Ekbang,'" tuturnya.

Cipta Kondisi Nataru 2024

Sementara itu, terkait kinerja Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum), telah dilaksanakan berbagai kegiatan. 

Diantaranya, melaksanakan Patroli Cipta Kondisi dalam rangka menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024, bersama TNI dan Polri. Hal itu untuk menciptakan situasi yang kondusif.

"Kegiatan patroli gabungan ini dilaksanakan dalam rangka menjelang liburan Nataru 2024. Adapun sasaran dari patroli gabungan ini, di tempat keramain warga, terutama di titik-titik wisata di wilayah Puncak. Dalam kegiatan patroli gabungan ini juga diharapkan kerjasama masyarakat Kecamatan Cisarua untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban," tegas Heri Risnandar.

Deklarasi ODF

Terkait kinerja Seksi Pendidikan dan Kesehatan (Pendkes), juga telah melaksanakan Deklarasi ODF  "Open Defecation  Free" atau stop buang air besar sembarangan.

"Deklarasi ODF ini dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Cisarua, yang diikuti sembilan Kepala Desa dan 1 Lurah, se-Kecamatan Cisarua. Selain itu juga dihadiri pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, termasuk unsur Forkopimcam dan pihak-pihak terkait," tandas Camat Cisarua. ***

Penulis: Deddy Blue
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author