Kemarau Panjang, Dinas Damkar Kabupaten Terus Salurkan Air Bersih Bagi Warga

Kemarau Panjang, Dinas Damkar Kabupaten Terus Salurkan Air Bersih Bagi Warga

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor masih menyalurkan bantuan darurat air bersih, bagi masyarakat yang terdampak musim kemarau panjang saat ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Arman Jaya menyebutkan, sejak Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, membentuk Tim Penanggulangan Bencana Kekeringan Kabupaten Bogor, pada Senin, 28 Agustus 2023. Jajaran Ksatria Biru Kabupaten Bogor, tetap konsisten melaksanakan tanggung jawab dan amanah tersebut.

Karena itu, hingga Minggu, 3 September 2023, jajarannya masih mendistribusikan bantuan darurat air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor.

"Hari ini, Minggu 3 Sep 2023, kami mendistribusikan bantuan air bersih di beberapa wilayah Kabupaten Bogor," sebut Arman.

Dikatakannya, bantuan darurat air bersih yang didistribusikan itu diantaranya, ke Desa Kertajaya Rumpin oleh Sektor Parung. Lalu di Desa Karyasari oleh Sektor Leuwiliang, lantas Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang didistribusikan oleh Sektor Ciomas.

Sedangkan Sektor Gunung Putri mendistribusikan ke Desa Gunung Putri. Begitu juga Sektor Citeureup mendistribusikan bantuan darurat air bersih ke Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang.

"Kami telah menginstruksikan dan mengingatkan semua sektor jajaran Damkar Kabupaten Bogor untuk mendistribusikan air bersih bagi warga yang terdampak bencana kekeringan saat ini," tegas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor.

Lebih lanjut Arman Jaya menghimbau bagi masyarakat Kabupaten Bogor yang membutuhkan bantuan air bersih bisa segera melapor pada RT/RW setempat.

Lalu surat permintaan bantuan air bersih dilanjutkan ke pihak Desa atau Kelurahan dan Kecamatan masing-masing, agar disampaikan kepada Tim Penanggulangan Bencana Kekeringan Kabupaten Bogor, atau bisa datang langsung ke masing-masing Sektor Damkar setempat, agar pendistribusian bantuan air bersih akan dikirimkan menurut jadwal.

"Jadi kami juga siap melayani permintaan bantuan air bersih dari masyarakat," ujarnya.

Sebagai informasi Tim Penanggulangan Bencana Kekeringan Kabupaten Bogor, yang dibentuk Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, terdiri antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Damkar, PDAM, dan PMI Kabupaten Bogor.

Selain itu, dari catatan BPBD Kabupaten Bogor, hingga Minggu, 27 Agustus 2023 lalu, total wilayah terdampak bencana kekeringan di Kabupaten Bogor sudah mencapai 296 Kampung, dari 85 Desa, yang tersebar di 26 Kecamatan.

Bahkan, BPBD Kabupaten Bogor setiap harinya bisa mendistribusikan air bersih sekitar 20.000 hingga 30.000 liter. Sehingga total hingga Minggu, 27 Agustus 2023, pendistribusian bantuan darurat air bersih sudah mencapai 1.430.000 liter. ***

Penulis: Deddy Blue

Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author