Kades dan Lurah se-Cisarua Diingatkan Jaksa Jaga Desa

Kades dan Lurah se-Cisarua Diingatkan Jaksa Jaga Desa

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Kepala Seksi Intel Kejasaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor, Marjuki mengingatkan para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Cisarua, mengantisipasi penyelewengan Anggaran Dana Desa (ADD).

“Kami hadir dengan melaksanakan program bapak Jaksa Agung, yakni program Jaksa Jaga Desa. Kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta warning bagi para kepala desa, agar terhindar dari penyalahgunakan anggaran ADD, yang notabene diperuntukan untuk membantu masyarakat," jelas Marzuki, usai kegiatan Jaksa Jaga Desa di aula Kantor Camat Cisarua, Selasa, 24 Oktober 2023.

Saat kegiatan tersebut juga hadir Camat Cisarua, Ivan Pramudya, pihak Polsek Cisarua dan Koramil Cisarua. 

Kepala Seksi Intel Kejari Bogor berharap, kegiatan tersebut menjadi wawasan dan pengetahuan serta warning bagi para kepala desa. Bahkan lanjut dia realisasi bantuan ADD dari pemerintah harus disalurkan sesuai peruntukannya. 

“Bantuan anggaran desa itu kan jelas peruntukannya untuk masyarakat, jangan sampai digunakan untuk pribadi. Intinya kegiatan ini, sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi penyimpangan,” tegasnya. 

Sementara itu Camat Cisarua Ivan Pramudya mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah pembinaan dari kejaksaan melalui program Jaksa Jaga Desa, karena lanjut dia, program tersebut sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi 9 kepala desa dan 1 kelurahan. 

“Kami sangat menyambut baik, karena program dan pembinaan ini sangat bermanfaat bagi para kepala desa, dan bendahara desa dalam pengelolaan anggaran. Sehingga mereka bisa lebih berhati hati dan sesuai dengan aturan serta peruntukannya,” Kata Ivan. 

Ivan berharap kegiatan tersebut bisa berkelanjutan mengingat manfaat yang didapat Kepala Desa maupun staf cukup banyak. 

“Kami berharap kegiatan ini tidak tidak sekali saja, tapi bisa berkelanjutan. Karena manfaat nya cukup besar terutama terkait dengan aturan-aturan yang berkaitan dengan anggaran,” harapnya. 

Ivan menegaskan, hasil dari pembinaan yang diberikan Kejari Bogor hendaknya dilaksanakan dalam penyelenggara semua bantuan baik anggaran desa, maupun bantuan lainnya. Sehingga semua realisasi bantuan sesuai dengan peruntukan dan aturan. 

“Setelah kegiatan ini, harus ada peningkatan dan ilmu yang didapat dimanfaatkan dan direalisasikan,” tandas Camat Cisarua. ***

Penulis: Dicky
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author