Jelang HUT RI Ke-79, 205 Bupati dan Walikota se-Indonesia Menerima Duplikat Bendera Pusaka

Jelang HUT RI Ke-79, 205 Bupati dan Walikota se-Indonesia Menerima Duplikat Bendera Pusaka

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Sebanyak 205 Kabupaten dan Kota se-Indonesia menerima duplikat Bendera Pusaka dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-79, di Balai Samudera, Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024.

Untuk penyerahan duplikat Bendera Pusaka bagi Pemerintah Kabupaten Bogor langsung diterima Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Tonny Agung Arifianto itu berlangsung selama 3 hari, mulai 5 hingga 7 Agustus 2024.

Turut hadiri Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Yudian Wahyudi. Penyerahan duplikat bendera pusaka ini merupakan mandat dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Sekretaris Utama (Sestama) BPIP, Tonny Agung Arifianto, meminta kepada para Bupati dan Walikota agar menjaga duplikat Bendera Pusaka tersebut.

Karena, bendera adalah lambang negara, bendera adalah jati diri bangsa, yang harus terus diaga demi itu keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Duplikat Bendera Pusaka ini sudah lebih dari 55 tahun dikibarkan saat upacara Kemerdekaan, baik pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Duplikat Bendera Pusaka ini digunakan semenjak Bendera Pusaka yang asli tidak layak dikibarkan,” ujar Tonny.

Tonny menjelaskan, jika sebelum jangka waktu 10 tahun bendera pusaka rusak atau tidak layak dikibarkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan atau lembaga lainnya, dapat mengajukan permohonan penggantian memberikan Bendera Pusaka secara tertulis kepada BPIP.

“Pada kegiatan hari ini, Bendera Pusaka duplikat tersebut diserahkan kepada 205 Kabupaten dan Kota se-Indonesia,” jelas Sekretaris Utama (Sestama) BPIP, Tonny Agung Arifianto. ***

Penulis: Fajar
Editor: Muhammad Zafry Akbar

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author