Iwan Setiawan: Penguatan Sinergitas Jajaran KPU, Bawaslu dan Camat se-Kabupaten Bogor, Penting untuk Suksesi Pemilu 2024

Iwan Setiawan: Penguatan Sinergitas Jajaran KPU, Bawaslu dan Camat se-Kabupaten Bogor, Penting untuk Suksesi Pemilu 2024

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menegaskan, penguatan sinergitas dan penyamaan persepsi antara  Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Camat se-Kabupaten Bogor sangat penting untuk mencapai suksesi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

“Kita ingin samakan persepsi, sehingga pada pelaksanaannya kita harus bersinergi dan komitmen apa yang harus dilakukan baik Camat, PPK, Panwascam, KPU, Pemkab Bogor dan Bawaslu,” tegas Plt. Bupati Bogor, saat Rapat Koordinasi persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Ruang Serbaguna I Setda, Senin, 31 Juli 2023.

Menurutnya, sinergitas dan penyamaan persepsi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing sangat penting dan diperlukan agar penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang atau agenda rutin lima tahun sekali tersebut, berlangsung aman, lancer, sukses tabpa ekses.

“Sesuai Undang-Undang No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, yakni pemerintah daerah wajib untuk membantu pelaksanaan Pemilu, salah satunya masalah hibah KPU dan juga PPK, serta bertugas memberikan bantuan dan fasilitasi untuk kelancaran penyelenggaraan Pemilu,” tutur Iwan Setiawan.

Menurutnya, suksesnya Pemilu 2024 mendatang perlu dukungan yang optimal mulai dari tahapan persiapan Pemilu seperti sosialisasi, edukasi atau pendidikan politik kepada masyarakat. Juga dukungan anggaran yang dialokasikan di kecamatan untuk mendukung kelancaran mulai dari transportasi pengiriman logistik, pemantauan perencanaan penyelenggaraan Pemilu dan lain sebagainya.

“Alhamdulilah berdasarkan hasil rakor hari ini, yang diusulkan oleh Camat ke parsial itu sesuai hasil musyawarah dan mengakomodir usulan dari PPK berarti sudah sinkron. Salah satunya diperuntukan untuk sosialisasi, sewa gedung, sarana dan prasarana, laptop, komputer, dan lainnya. Saya juga sangat apresiasi terhadap KPU mereka usahakan sampai ke kecamatan, mungkin daerah lain tidak ada yang seperti ini. Ini bukti kuatnya sinergi kami,” tandasnya.

Selanjutnya, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan, dengan luasnya wilayah Kabupaten Bogor dengan jumlah DPT sebesar 3.889.441 dan 15.228 TPS, Kabupaten Bogor merupakan daerah dengan jumlah TPS terbesar se-Indonesia untuk tingkat Kabupaten dan Kota.

“Bahkan kalau kita range untuk provinsi kita urutan ke 14. Sehingga dibutuhkan sinergi yang kuat dari semua pihak untuk menyukseskan Pemilu 2024 nanti. Dengan pertemuan ini, fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor sangat luar biasa buat kami. Teman-teman PPK juga sudah merasakan sejak kami lantik di bulan Januari tahun ini sampai sekarang, luar biasa pemerintah daerah memperhatikan kami,” kata Ummi.

Dia juga menyatakan terimakasih kepada Pemkab Bogor yang telah membangunkan gudang logistik seluas 1.600 meter. Bahkan, KPU RI juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bogor yang sangat memperhatikan jajaran KPU sampai di tingkat kecamatan.

“Alhamdulillah tadi pak Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan dan pak Wildan juga menyampaikan bagaimana anggaran untuk sewa gudang yang ada di kecamatan dan fasilitas untuk teman-teman di kecamatan. Dengan jumlah DPT sebanyak 3.889.441 pemilih, artinya di Pemilu 2024 nanti kita akan melaksanakan harus me-manage kurang lebih 20 juta lembar surat suara, kemudian kurang lebih 80.000 kotak suara. Ini menjadi berat bagi kami kalau kami tidak sinergikan, tidak dibantu oleh semua stakeholder yang terkait dengan Pemilu 2024. Alhamdulilah Pemkab Bogor senantiasa sinergi dan membantu kami,” pungkasnya. ***

Penulis : Rizky

Editor : Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author