Iwan Setiawan Kukuhkan 30 Paskibra Kabupaten Bogor, Merah-Putih Siap Dikibarkan di Hari Kemerdekaan

Iwan Setiawan Kukuhkan 30 Paskibra Kabupaten Bogor, Merah-Putih Siap Dikibarkan di Hari Kemerdekaan

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews – Sebanyak 30 pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) terbaik di Kabupaten Bogor, terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan dikukuhkan Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Selasa, 15 Agustus 2023.

Para Paskibra pilihan itu akan bertugas mengibarkan bendera Merah-Putih pada peringatan HUT Republik Indonesia  Ke-78,  Kamis 17 Agustus 2023, di Lapangan Tegar Beriman.

Pengukuhan Paskibra Kabupaten Bogor tersebut dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, termasuk Komandan Lanud Atang Sendjaja. Saat itu, anggota Paskibraka Kabupaten Bogor mengucapkan Ikrar Putra Indonesia di hadapan Plt. Bupati Bogor dan unsur Forkopimda yang hadir.

Selanjutnya, Iwan Setiawan secara simbolis memasangkan kendit (sabuk) sebagai tanda pengukuhan anggota Paskibraka Kabupaten Bogor. Usai pengukuhan, Iwan Setiawan dan seluruh undangan memberikan selamat kepada para anggota Paskibraka KabupatenBogor.

“Saya percaya, Paskibra Kabupaten Bogor akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberika. Semoga Paskibra Kabupaten Bogor dalam menjalankan tugasnya, diberikan kekuatan, kemudahan dan kelancaran,” kata Plt. Bupati Bogor.

Lebih lanjut, Iwan Setiawan berpesan kepada kepada para pelajar terbaik yang tergabung dalam Paskibra Kabupaten Bogor untuk menjadi contoh nyata pengaktualisasian nilai-nilai ideologi Pancasila, sebagai landasan berbangsa dan bernegara.

Hal ini perludan penting dilakukan agar generasi muda mengerti dan paham arti, tujuan dan nilai-nilai Pancasila untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, terlebih Indonesia merupakan negara majemuk yang memiliki suku, ras dan agama yang beragam.

“Hendaknya mereka yang telah terpilih nanti dapat terus berperan aktif menjadi contoh nyata pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam era media sosial dan digital saat ini,” tandasnya.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat memasangkan sabuk sebagai tanda pengukuhan anggota Paskibraka Kabupaten Bogor.

30 Terbaik dari 1.296 Pelajar

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor, Bambang W Tawekal menjelaskan, sejak 24 Februari - 10 Maret 2023, telah dilakukan perekrutan bagi seluruh pelajar SLTA di Kabupaten Bogor.

Perekrutan calon Paskibra Kabupaten Bogor tahun 2023 itu dilakukan dengan seleksi yang ketat, sehingga terpilih yang terbaik dari yang terbaik.

“Hal ini sesuai Perpres nomor 51 tahun 2022, tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Permendagri nomor 84 tahun 2022, Dengan adanya Perpres 51 tahun 2022, maka Paskibraka Kabupaten Bogor sepenuhnya menjadi wewenang Bakesbangpol,” jelasnya.

Disebutkannya, 30 anggota Paskibra Kabupaten Bogor yang terpilih itu merupakan yang terbaik dari 1.296 pelajar SLTA di Kabupaten Bogor. Mereka yang telah lolos seleksi ketat dan transparan itu, kemudian mengikuti kegiatan Pemusatan Pendidikan Dan Pelatihan (Pusdiklat), di Hotel Grand Pesona dan Lapangan Tegar Beriman, Cibinong.

Seluruh tahapan seleksi dilakukan menggunakan aplikasi transparansi Paskibra yang berlaku secara nasional, serta diawasi langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

“Kami berharap para Paskibra dengan latar belakang yang bagus, cerdas, terampil dan berkepribadian baik, dapat menjadi anggota Paskibra juga menjadi Duta Pancasila yang merupakan agen perubahan penguatan ideologi Pancasila di masyarakat, khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Bogor,” sebut Bambang. ***

Penulis : Dicky

Editor : Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author