Iwan Setiawan: Hajar Serangan Fajar saat Pemilu 2024

Iwan Setiawan: Hajar Serangan Fajar saat Pemilu 2024

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor dan masyarakat untuk menghajar serangan fajar saat Pemilu serentak 2024.

Pasalnya, salah satu isu yang kerap muncul dalam tahun politik atau pesta demokrasi adalah politik uang atau sering disebut dengan serangan fajar.

“Mari bersama-sama, kita hajar serangan fajar. Ingat, suara kita memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan positif dengan memilih pemimpin yang berkualitas dan berintegritas,” tegasnya, saat menyambut Roadshow Bus KPK 2023, di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu, 4 Juni 2023.

Kehadiran Roadshow Bus KPK 2023, yang turut memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 tersebut disambut baik dan mendapat apresiasi Plt.Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, mewakili segenap Forkopimda serta warga masyarakat Kabupaten Bogor, sangat menyambut baik kehadiran Roadshow Bus KPK 2023. Serta turut bangga dan berterima kasih atas inisiatif yang luar biasa ini,” kata Iwan Setiawan.

Menurut Iwan Setiawan, kehadiran Roadshow Bus KPK 2023, dan serangkaian acara yang diselenggarakan KPK pada momentum HJB merupakan kolaborasi bersama untuk menciptakan masyarakat dan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi. 

"Kita sambut Roadshow Bus KPK 2023 dengan hati terbuka, semangat tinggi, dan tekad yang bulat untuk melawan korupsi. Kita buktikan bahwa korupsi bukanlah bagian dari budaya kita," ujarnya.

Iwan menjelaskan, kegiatan roadshow ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Jadi Bogor ke-541, sehingga menjadi bukti nyata komitmen dan kolaborasi KPK dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan masyarakat dan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

“Pemkab Bogor juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan korupsi dengan membuka diri terhadap pengawasan publik. Kami siap bekerja sama dengan KPK untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap nilai-nilai anti korupsi dan mendukung segala upaya untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, dan transparansi dalam pemerintahan,” tandas Iwan Setiawan.

Sementara itu, Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana menerangkan, dalam melaksanakan tugasnya KPK melakukan tiga pendekatan. 

Pendekatan pertama, yang sering dilihat di media yaitu lewat penindakan. Kedua, pencegahan, dan ketiga pendidikan. 

“Ada 9 nilai antikorupsi yang perlu ditanamkan kepada masyarakat, yaitu jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil dan kerja keras. Nilai-nilai anti korupsi ini harus kita tanamkan kepada masyarakat,” sebut Wawan.

Wawan mengatakan, KPK juga menggunakannya nilai anti korupsi kepada generasi bangsa, dengan memberikan edukasi di sekolah-sekolah.

Sedangkan untuk Roadshow Bus KPK 2023, Kabupaten Bogor merupakan merupakan daerah ke-4 yang telah dikunjungi. Sebab sebelumnya, DKI Jakarta, Depok, dan Kota Bogor. ***

Penulis: Rizky

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author