Hore...Pemerintah Berencana Libur Idul Adha Ditambah Jadi 3 Hari

Hore...Pemerintah Berencana Libur Idul Adha Ditambah Jadi 3 Hari

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pemerintah berencana untuk menambah hari libur Idul Adha pada akhir Juni 2023.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 20 Juni 2023.

Dikatakannya, usulan yang mengemuka di pemerintahan saat ini adalah penambahan libur Idul Adha selain tanggal 29 Juni, juga pada tanggal 28 serta 30 Juni 2023. Tujuannya supaya bisa menyesuaikan dengan libur sekolah.

"Ini kan sedang libur anak-anak sekolah, sehingga kualitas keluarga ini supaya ke depan semakin bagus," kata Anas 

Sehingga dituturkan Menpan RB selain libur nasional tanggal 29, tanggal 28 itu diusulkan jadi cuti bersama. Kemudian tanggal 30 juga diusulkan menjadi cuti bersama.Apalagi posisinya hari kejepit.

"Penambahan cuti bersama libur Idul Adha ini juga akan mendorong pergerakan ekonomi. Sebab, setiap libur yang lebih dari dua hari menjadi momentum masyarakat untuk berwisata sekaligus bersilaturahmi dengan keluarganya, termasuk pergerakan ke daerah-daerah juga tinggi, dan mendorong pemerataan ekonomi tumbuh di berbagai kawasan," papar Anas.

Bahkan ditegaskan Anas, keputusan penambahan cuti bersama tersebut sudah dibahas dengan Presiden Joko Widodo. Sehingga, penetapannya tinggal menunggu keputusan Presiden, meski Menpan RB belum mendapat kabar tentang waktu pastinya.

"Kami kemarin sudah membahas, nanti tinggal menunggu persetujuan dari bapak Presiden. Kan itu perlu perpres, itu kan perlu merubah SKB (surat keputusan bersama). Termasuk dengan Menko PMK, Menteri PANRB, Menteri Agama, dan Menteri Tenaga Kerja," tandasnya. ***

Penulis: Rizky

Editor: Muhammad Zafry Akbar 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author