Google Kuasai 80% Bisnis Media

Google Kuasai 80% Bisnis Media

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Ketua PWI Pusat, Atal S Depari menjelaskan, bisnis media kini 80% telah dikuasai oleh Google, untuk itu pers dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam berkarya dan menyajikan informasi yang berkualitas. 

Lantaran itu, dunia pers saat ini dibayangi rasa was-was, karena satu persatu media padam. Padahal masyarakat masih membutuhkan pers profesional, sebab pers masih sangat dibutuhkan. Karena itu pers tidak boleh mati dan harus tetap hidup.

"Terlebih di momentum peringatan HPN tingkat Jawa Barat yang sangat luar biasa, ini menjadi sebuah penghormatan untuk pers Indonesia. Teruslah berkarya dan sajikan informasi yang berkualitas," jelas Atal, saat malam Anugerah Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Barat 2023, di Karawang, Sabtu, 20 Mei 2023.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat menyatakan, momentum peringatan HPN 2023 menjadi sarana bagi insan pers di Jawa Barat untuk terus meningkatkan kualitas dan performanya. Salah satunya melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Selain Uji Kompetensi Wartawan, kita juga ganjar dengan berbagai penghargaan bagi mereka yang berkontribusi terutama dalam meningkatkan mutu wartawan," beber Hilman. 

Sedangkan, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah mengungkapkan, di tengah arus disprupsi informasi dan perkembangan teknologi informatika yang semakin pesat. Peran pers sangat penting terutama dalam menangkal berbagai hoax dan senantiasa menyampaikan informasi edukatif.

"Tahun 2024 kita akan menghadapi Pemilu 2024, tentunya kami bersama Jabar Sapu Bersih Hoax, berkomitmen bersama KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dan Bawaslu untuk bersama-sama menjaga Pemilu 2024, agar tidak terganggu dengan berita berita hoax. Karena itu kami berharap teman-teman pers untuk tetap menjaga kebenaran, menjadi tempat untuk klarifikasi berbagai berita yang tidak baik," tandas Ika. ***

Penulis: Dimas

Editor: Muhammad Zafry Akbar 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author