Innalilahi... Dua Kecamatan Dilanda Bencana Alam, Puluhan Rumah Warga Rusak

Innalilahi... Dua Kecamatan Dilanda Bencana Alam, Puluhan Rumah Warga Rusak

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews – Puluhan rumah warga di dua wilayah kecamatan di Kabupaten Bogor rusak. Lantaran dilanda hujan deras, angin puyuh, pohon tumbang dan bencana longsor, Senin, 16 Oktober 2023.

Menurut keterangan yang dihimpun BogorZoneNews.com, bencana alam itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kendati tak ada korban jiwa dan luka-luka, namun puluhan rumah warga di wilayah Kecamatan Caringin dan Kecamatan Cigombong rusak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengatakan, peristiwa angin kencang itu dilaporkan terjadi Senin, 16 Oktober 2023.

Menurutnya, dari data yang dihimpun BPBD Kabupaten Bogor, tercatat 27 rumah di wilayah Kecamatan Caringin dan 23 rumah di Kecamatan Cigombong yang mengalami kerusakan akibat terdampak angin kencang. Selain itu, pohon tumbang menimpa atap SDN Pasir Jawa 02, Kecamatan Cigombong.

“Di Cigombong, diantaranya  terjadi di Kampung Pasir Jawa RT. 003 RW 006dan RT. 003 RW 007,  Desa: Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor,” sebutnya.

Diungkapkannya, kronologis kejadian saat itu terjadi hujan deras yang disertai angin kencang dan mengakibatkan 1 unit rumah mengalami kerusakan dan pohon tumbang menimpa atap bangunan SDN Pasir Jawa 02.

“Satu unit rumah itu dihuni satu kepala keluarga yang terdiri tiga jiwa. Pohon yang tumbang telah berhasil dievakuasi,” ujarnya.

Sedangkan terjadinya bencana angin puyuh dan tanah longsor, dijelaskan Ada, peristiwa itu menimpa warga di Kampung  Kongsi RT. 001 RW 004 dan Kampung Cigombong  RT. 004 RW 001, Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

“Hujan Deras yang disertai angin kencang mengakibatkan serumpun pohon bambu tumbang di Kampung  Kongsi RT. 001 RW 004. Sehingga tergerus longsor, dan satu unit rumah kontrakan mengalami kerusakan. Rumah itu juga dihuni satu kepala keluarga dengan tiga jiwa. Pohon bambu yang tumbang sudah warga setempat bersihkan secara gotong royong. Kalau yang di Kampung Cigombong  RT. 004 RW 00, bagian atap satu rumah rusak ringan karena angin kencang,” jelasnya.

Selain itu juga menimpa rumah warga di Kampung Pode RT. 05/07, Kampung Cibandawa RT. 02,03/07, Kampung Kibaru RT. 02,03/06, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong. Karena hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang di wilayah tersebut berdampak kerusakan terhadap beberapa atap rumah warga.

“Diperkirakan dampak hasil kaji cepat sebanyak 15 unit rumah rusak ringan, yang terdiri 18 kepala keluarga, dengan jumlah 66 jiwa. Kondisi rumah warga yang terdampak masih bisa di tempati oleh pemilik dan sedang dalam perbaikan mandiri,” imbuhnya.

Sedangkan bencana yang menimpa di wilayah Kecamatan Caringin, disebutkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, diantarnya terjadi di Kampung Cisalopa RT. 03,04,05,06RW 0, Kampung Pasir Buncir RT. 01,02/04 - Kp. Lengkong RT. 02/0, Desa: Pasir Buncir.

Di wilayah itu, karena terjadi angin kencang, kondisi 14 unit rumah rusak ringan, yang dihuni 14 kepala keluarga dengan 52 Jiwa. Sedangkan satu unit rumah yang dihuni satu kepala keluarga dengan tiga jiwa, mengalami rusak sedang. Sebab bangunan rumahnya sudah mulai rapuh.

“Situasi saat ini, sebagian rumah yang mengalami kerusakan sudah diperbaiki dengan menggunakan dana pribadi,” sebutnya.

Selain itu, di Kampung Sukamaju RT 04/05, Desa Muara Jaya, Kecamatan Caringin, angin puyuh juga melanda satu bangunan rumah yang juga sudah mulai rapuh. Akibatnya  rumah itu mengalami kerusakan.Sebab, rumah yang dihuni satu kepala keluarga dengan dua jiwa itu, bagian atapnya, yang menggunakan material asbes, lima lembar asbesnya terhempas terbang terbawa angin puyuh.

“Rumah yang mengalami kerusakan itu masih belum diperbaiki dan perlu penanganan lebih lanjut oleh instansi terkait,” tutur Adam.

Begitu juga di Kampung Cisempur, Desa Cinagara, sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan diterpa hujan dan angin kencang.

Terkait kondisi rumah warga yang terdampak angin kencang di kedua wilayah Kecamatan itu, Adam menjelaskan, rata-rata mengalami kerusakan dengan kategori ringan dan sedang pada bagian atap.

“Sejauh ini, setelah mendapat laporan tersebut, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bogor sudah melakukan asesmen ke lokasi terdampak angin kencang. Ia mengatakan, sejumlah rumah sudah diperbaiki oleh warga, namun ada juga yang membutuhkan penanganan lebih lanjut. Untuk korban jiwa alhamdulillah nihil. Kami menghimbau agar masyarakat waspada menghadapi bencana,” tandasnya. ***

Penulis: Dicky

Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author