DLH Kabupaten Bogor Target Zero Sampah di Desa Bojonggede

DLH Kabupaten Bogor Target Zero Sampah di Desa Bojonggede

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor gerak cepat (Gercep) menyikapi keluhan warga Kp. Masjid RT 01/04, Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede.

Pasalnya keberadaan tumpukan sampah di lingkungan setempat diresahkan warga. Sebab selain mengganggu lingkungan juga dikhawatirkan menjadi sumber penyebaran penyakit bagi warga.

Menyikapi keluhan warga itu, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menginstruksikan dan mengarahkan DLH Kabupaten Bogor agar segera mengangkut tumpukan sampah tersebut.

Alhasil, mulai hari ini, Rabu, 14 Juni 2023, DLH Kabupaten Bogor segera melaksanakan aksi pengangkutan sampah tersebut hingga beberapa hari ke depan.

“Ini akan kami lakukan hingga zero sampah, dan lingkungan di kawasan tersebut bisa kembali bersih seperti yang diharapkan masyarakat sekitar,” sebut Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan DLH Kabupaten Bogor, Ismambar Fadli, Rabu, 14 Juni 2023.

Dikatakannya, sedikitnya empat armada truk sampah diterjunkan untuk mengangkut sampah tersebut dan membawanya ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Galuga.

"Pengangkutan sampah dilakukan secara kolaborasi dengan melibatkan berbagai pihak seperti tim petugas dari DLH Kabupaten Bogor, petugas dari UPT Cibinong juga melibatkan tenaga bantuan dari UPT Jasinga, RT, RW dan masyarakat sekitar," kata Ismambar. Hari ini empat armada dulu kami turunkan untuk mengangkut sampah, karena armada lainnya sedang beroperasi mengangkut sampah-sampah dari berbagai wilayah Kabupaten Bogor ke TPAS Galuga hingga pukul 17.00 WIB nanti,” jelasnya.

Lanjut Ismambar, masyarakat diminta untuk segera melaporkan apabila ditemukan penumpukan sampah liar di wilayahnya masing-masing. Bahkan sangat terbuka jika ada masyarakat yang ingin bekerjasama dengan DLH berkaitan dengan pengelolaan dan pengangkutan sampah. Untuk meminimalisir terjadinya tumpukan sampah liar di sembarang tempat yang dapat mencemari lingkungan.

"Kami juga perlu data lokasi mana saja yang memang membutuhkan bantuan pengangkutan sampah oleh DLH. Jika tidak ada laporan maupun aduan kami juga akan kesulitan itulah pentingnya kerjasama," bebernya.

Selanjutnya, Subkordinator Penanganan Sampah pada Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Acep Syihabudin menjelaskan, terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) kerjasama pengangkutan sampah adalah dimulai dari pengajuan permohonan kerjasama pengangkutan sampah dari RT, RW ditujukan ke DLH Kabupaten Bogor melalui UPT di wilayah masing-masing.

"Ketika permohonan sudah diterima, kami kemudian lanjutkan dengan penandatanganan kerjasama. Kemudian baru kita sepakati jadwal pengangkutan sampahnya, bisa seminggu sekali juga bisa 2 minggu sekali," terang Acep

Kemudian, Kepala Desa Bojonggede, Dede Malvina menyatakan, terimakasih atas respon cepat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor, dengan melaksanakan aksi pengangkutan sampah dengan empat armada truk sampah.

“Terimakasih, tentunya kami sangat terbantu dengan kehadiran tim pengangkut sampah dari DLH. Ini bisa mempercepat rencana kami untuk segera menutup tempat penampungan sampah di lokasi tersebut,” imbuh Kades Bojonggede. ***


Penulis: Rizky
Editor: Muhammad Zafry Akbar 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author