DLH Kabupaten Bogor Rumuskan KLHS dan RPJPD 2025-2045

DLH Kabupaten Bogor Rumuskan KLHS dan RPJPD 2025-2045

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Bidang Tata Lingkungan menggelar Konsultasi Publik I, dengan tema "Perumusan Isu Pembangunan Berkelanjutan" sebagai Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan tersebut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, yang menyebutkan, tujuan Konsultasi Publik merupakan sarana untuk mengidentifikasi dan merumuskan isu Pembangunan Berkelanjutan Dalam RPJPD Kabupaten Bogor tahun 2025-2045.

"Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan perencanaan pembangunan saling terintegrasi dengan dokumen perencanaan pembangunan untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dalam perencanaan pembangunan," sebutnya, Senin, 19 Juni 2023.

Perlu diketahui, KLHS, RPJPD Kabupaten Bogor Tahun 2025-2045 diharapkan menjadi pedoman bagi semua pemangku kepentingan di dalam proses perumusan kebijakan, guna mendorong terciptanya keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan sosial dengan Kapasitas Daya Dukung Dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDT LH).

“Untuk Itu, koordinasi antar pemangku kepentingan menjadi kunci di dalam penyusunan kebijakan, rencana atau program agar dapat mencapai target sektoral di bidang ekonomi, sosial, lingkungan hidup, serta tata kelola kelembagaan,” terangnya.

Burhanudin berharap melalui kegiatan ini para peserta dapat berpartisipasi aktif untuk memberikan input, saran, baik dari aspek, ekonomi, lingkungan, sosial maupun tata kelola, kelembagaan.

"Sehingga input tersebut dapat menjadi bagian penting dan memberikan warna pada Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Bogor tahun 2025-2045,” tandas Burhanudin. ***

Penulis: Dicky

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author