Dishub Kabupaten Bogor Bakal Berlakukan Jam Operasional di Tugu Pancakarsa

Dishub Kabupaten Bogor Bakal Berlakukan Jam Operasional di Tugu Pancakarsa

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bidang Pengendalian dan Operasi (Dalops), Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor bakal menerapkan jam operasional bagi kendaraan truck besar, yang melintas di sekitar Tugu Pancakarsa, Jalan Alternatif Sentul, Kecamatan Babakan Madang, dalam waktu dekat ini.

“Ini salah satu upaya kami, Dishub Kabupaten Bogor dalam mengurai kemacetan di Jalan Alternatif Sentul,” kata Kepala Bidang Dalops Dishub Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih yang akrab disapa Hengki, belum lama ini.

Dijelaskannya, upaya mengurai kemacetan itu bakal dilaksanakan, karena terkait dari informasi masyarakat dan hasil pantauan jajarannya.

Diketahui, salah satu penyebab kemacetan tersebut, karena banyaknya kendaraan besar seperti truk yang memutar arah di U turn di wilayah Lanbau, yang mengakibatkan menumpuknya kendaraan yang akan melintas di wilayah itu.

Setelah penyebab kemacetan diketahui, tindakan Dishub Kabupaten Bogor melakukan rekayasa lalu lintas, agar kendaraan besar tidak memutar balik di U turn Lanbau dan mengalihkan pemutaran di U turn Tatya Asri.

"Selama ini, kami telah mengerahkan Park Ranger Dishub Kabupaten Bogor, untuk melaksanakan pengaturan lalu lintas di sekitar wilayah tersebut. Karena itu dilakukan rekayasa lalu lintas. Selain itu, terkait efektifitasnya juga dievaluasi secara berkala," jelas Kabid Dalops.

Sehingga, untuk mengurai kepadatan kendaraan saat jam sibuk di pertigaan exit kawasan industri Sentul mengarah Tugu Pancakarsa, Babakan Madang itu, Dishub Kabupaten Bogor bakal menerapkan jam operasional bagi kendaraan besar yang berasal dari kawasan industri tersebut.

"Jam operasional tersebut akan dilakukan mulai dari pukul 16.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Jadi truk-truk dari kawasan industri tidak boleh beroperasi. Karena, seperti diketahui sampai saat ini, kondisi lalu lintas di lokasi tersebut, saat jam sibuk selalu mengalami kemacetan parah," beber Hengki.

Lebih lanjut, pihaknya kini terus berupaya berkoodinasi dengan pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor, untuk bersama-sama menertibkan lalu lintas yang kerap menjadi penyebab kemacetan tersebut.

Selain itu, penertiban lalu lintas di kawasan rawan kemacetan juga akan dilakukan jajarannya, termasuk di sekitaran Tugu Pancakarsa Sentul, Babakan Madang, serta melakukan peneguran dan pemanggilan kepada tempat-tempat usaha rumah makan di kawasan itu yang tidak memiliki lahan parkir pribadi bagi usahanya tersebut.

“Kita juga akan merekayasa kembali lalu lintas di putaran Tugu Pancakarsa Sentul, yang kini diberlakukan satu arah memutar, nantinya kita akan rekayasa menjadi lebih tertib seperti yang sekarang ini terjadi. Serta, menegur dan memanggil para pemilik usaha yang berada di sekitaran tugu Pancakarsa yang tidak memiliki lahan parkir bagi para pengunjungnya seperti salah satunya yaitu rumah makan Abah,” tegasnya.

Hengki juga berharap kepada para pengendara agar taat dan patuh peraturan lalu lintas dan tetap berhati-hati dijalan.***

Penulis: Dimas
Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author