Diresmikan Presiden,Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Jakarta-Sukabumi Diprediksi Bisa 2,5 Jam

Diresmikan Presiden,Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Jakarta-Sukabumi Diprediksi Bisa 2,5 Jam

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Presiden Joko Widodo menyebutkan, waktu perjalanan Jakarta-Sukabumi, yang semula 5-6 jam, kini bisa ditempuh dengan 2-2,5 jam.

"Alhamdulillah, rampung untuk ruas tol Cigombong-Cibadak, dan ini benar akan mempercepat waktu perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi. Biasanya lima jam, sekarang bisa dua atau dua setengah jam," jelas Jokowi, saat memberikan keterangan pers, usai meresmikan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Jumat, 4 Agustus 2023, di depan Gerbang Tol Parungkuda, Sukabumi.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan, dirinya pernah terjebak macet hingga 6 jam sebelum ada tol Bocimi. 

"Saya mengalami sendiri hampir enam jam," ungkapnya.

Lantaran itu, Jokowi bersyukur dengan adanya tol Bocimi, yang menghubungkan Jakarta ke Sukabumi. Sehingga waktu tempuhnya bisa dipersingkat.

"Artinya mobilitas orang, mobilitas barang akan semakin cepat dengan adanya jalan tol ini," tandas Presiden.

Karena, sebelum adanya tol Bocimi, masyarakat harus menempuh waktu 5-6 jam perjalanan. Sebab, harus melewati jalur kemacetan seperti Cicurug, Parungkuda dan Cibadak.

Sebelum diresmikan dan dioperasikan penuh, Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi II Cigombong - Cibadak, yang memiliki 9 Jembatan Utama serta 8 jalur penyeberangan itu telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Layak Operasi (ULO) pada tanggal 3 hingga 4 Juli 2023.

Kegiatan ULF dan ULO yang dilakukan itu meliputi uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan, serta aspek keselamatan guna memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk menunjang keamanan, keselamatan serta kenyamanan para pengguna jalan.

Bahkan sebelum peresmian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah melakukan pengecekan akhir pengerjaan Tol Bocimi Seksi II pada Rabu, 2 Agustus 2023. ***

Penulis: Dicky

Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author