Dinas Damkar Kab. Bogor Gercep Distribusikan Air Bersih Bagi Masyarakat Terdampak Kekeringan

Dinas Damkar Kab. Bogor Gercep Distribusikan Air Bersih Bagi Masyarakat Terdampak Kekeringan

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Arman Jaya gerak cepat mengerahkan 10 Unit Armada truk pasokan air atau water supply, untuk mendistribusikan air bersih bagi masyarakat terdampak kekeringan.

"Hari ini, kami kembali mendistribusikan air bersih untuk 10 Desa, di enam Kecamatan bagi masyarakat yang terdampak kekeringan," ungkap Arman Jaya, kepada BogorZoneNews.com, Rabu, 30 Agustus 2023.

Dijelaskannya, sejak Selasa, 29 Agustus 2023, Pasukan Ksatria Biru Kabupaten Bogor sudah meluncur mendistribusikan air bersih di beberapa desa di Kecamatan Ciseeng, yang terdampak musim kemarau panjang saat ini. Diantaranya di Desa Karihkil. Selain itu juga di Desa Caringin, Kecamatan Caringin.

Sedangkan 10 Desa di enam Kecamatan yang mendapat bantuan distribusi air bersih, pada Rabu, 30 Agustus 2023, disebutkannya, di Kecamatan Rumpin untuk Desa Mekarsari dan Desa Tamansari, Kecamatan Pamijahan di Desa Ciasihan, Kecamatan Sukajaya untuk Desa Sukamulih.

"Untuk hari ini pendistribusian yang banyak ada di Kecamatan Jonggol, ada empat desa, yaitu Desa Bendungan, Desa Singajaya, Desa Sukamanah dan Desa Jonggol. Selain itu ada juga untuk Desa/Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Ciseeng di Desa Cibeuteung Muara," sebut Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor.

Menurutnya, pendistribusian air bersih bagi masyarakat Kabupaten Bogor, yang terdampak kekeringan merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi Tim Damkar Kabupaten Bogor dalam fungsi penyelamatan.

Lebih lanjut, Arman Jaya menjelaskan, upaya tersebut sebagai langkah siaga menanggulangi bencana kekeringan. Sebab dari hasil prediksi BMKG menyebutkan, musim kemarau diprediksi berlangsung panjang hingga akhir September 2023.

"Karena itu, Pemerintah Kabupaten Bogor, melalui tim terpadu penanganan bencana kekeringan, akan terus mengoptimalkan dan memperkuat operasi tanggap bencana kekeringan, agar kekeringan akibat dampak kemarau tidak meluas di Kabupaten Bogor," jelasnya.

Tim terpadu yang dimaksud antara lain, Dinas Damkar, BPBD, PDAM Tirta Kahuripan, dan PMI Kabupaten Bogor.

Selain itu, Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor juga menghimbau, agar masyarakat bisa melakukan upaya mencegah terjadinya kebakaran di lingkungannya masing-masing. 

"Perhatikan penggunaan listrik, kompor gas, juga jangan membakar sampah atau sesuatu yang dapat memicu terjadinya kebakaran," tandas Arman Jaya. ***

Penulis: Deddy Blue

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author