Dandim 0621/Kab. Bogor Dinobatkan Sebagai Bapak Asuh Stunting, Iwan Setiawan: Bukti Keseriusan TNI Mengentaskan Stunting

Dandim 0621/Kab. Bogor Dinobatkan Sebagai Bapak Asuh Stunting, Iwan Setiawan: Bukti Keseriusan TNI Mengentaskan Stunting

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara dinobatkan sebagai Bapak Asuh Stunting, Kamis, 13 April 2023.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas penobatan tersebut. Hal itu menjadi salah satu bukti keseriusan jajaran TNI dalam upaya mengentaskan masalah stunting.

“Insyaallah dengan sinergi dan keterlibatan berbagai pihak, penanganan stunting akan semakin efektif. Bisa menjangkau seluruh pelosok wilayah Kabupaten Bogor. Kita optimis tahun 2023 Bogor Bebas Stunting,” jelasnya, saat kegiatan launching penanganan Stunting sekaligus penobatan Dandim 0621 Kabupaten Bogor sebagai Bapak Asuh Anak Stunting, yang berlangsung di Makodim 0621 Kabupaten Bogor.

Menurut Iwan Setiawan, penanganan stunting itu tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, karena sudah menjadi tanggung jawab bersama.

Karena itu sinergi dan kolaborasi perlu terus ditingkatkan untuk mengakselerasi penanganan stunting yang terintegrasi dan menyeluruh. Sehingga mewujudkan Kabupaten Bogor Bebas Stunting (Gobest).

“Alhamdulilah saat ini penanganan stunting di Kabupaten Bogor sudah terus meningkat, terlebih adanya dukungan dari pihak swasta juga Kodim 0621. Sehingga Gobest bisa terwujud,” tutur Plt Bupati Bogor.

Lebih lanjut Iwan Setiawan menyatakan, keterlibatan TNI dalam penanganan stunting merupakan langkah yang sangat positif dan patut diapresiasi. Karena dengan sinergi dan kolaborasi antara TNI, Pemkab Bogor dan segenap stakeholder akan memberikan dampak signifikan dalam upaya pengentasan stunting

“Semoga dengan keterlibatan TNI, upaya penanganan stunting akan semakin efektif, salah satunya dalam hal pemantauan gizi anak terutama di wilayah yang sulit dijangkau oleh layanan kesehatan, sehingga cita-cita kita untuk mencapai Bogor bebas stunting dapat terwujud,” imbuh Iwan Setiawan.

Di tempat yang sama, Dandim 0621, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara mengatakan, penanganan stunting melalui program Bapak Asuh Stunting akan dilaksanakan rutin selama tiga bulan ke depan di wilayah Kabupaten Bogor.

Bahkan setiap minggunya, Kodim 0621 akan bekerjasama dengan posyandu untuk melihat grafik dan memantau kenaikan berat badan anak, dan tinggi badan anak.

“Hari ini alhamdulillah kita melaksanakan kegiatan penanganan stunting, yang dilaksanakan di beberapa kelurahan di Kecamatan Cibinong. Setiap harinya nanti bayi-bayi yang sudah kita data akan diberikan susu dan telur. Ini merupakan percontohan dan apabila nanti dalam waktu tiga bulan ini ada peningkatan drastis, peningkatan berat badan dan tinggi badan maka akan dilaksanakan lagi di tempat-tempat lainnya,” katanya.

Menurutnya, untuk grafik dari penanganan dari awal sampai hari ini. Berdasarkan hasil monitoring penurunannya cukup besar mencapai 4 persen.

“Untuk hari ini ada 300 orang anak yang kita data, dan akan kita pantau terus setiap minggunya. Pemantauan kami laksanakan di posyandu-posyandu seperti timbang badan dan tinggi badan. Insya Allah akan saya laksanakan, nanti saya juga akan pantau untuk polio di masing-masing kecamatan,” pungkas Dandim 0621. ***

Penulis: Deddy Blue

Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author