Cuaca Ekstrim, 40 Camat Diminta Bupati Bogor Dukung Ini

Cuaca Ekstrim, 40 Camat Diminta Bupati Bogor Dukung Ini

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta seluruh Camat se-Kabupaten Bogor mendukung budayakan ketahanan pangan lokal kepada masyarakat.

Hal tersebut sebagai upaya mensukseskan program B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman). Mengingat saat ini semua wilayah tengah dilanda cuaca ekstrim yang sangat mempengaruhi terhadap kondisi pertanian, salah satunya di Kabupaten Bogor. 

"Budaya ketahanan pangan lokal sangat penting untuk mengganti konsumsi nasi dengan alternatif pangan lokal, seperti talas, ubi, jagung yang dapat dimodifikasi menjadi tepung dan aneka makanan yang kaya akan karbohidrat sama halnya seperti mengkonsumsi nasi," sebut Iwan Setiawan, saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Kabupaten Bogor tahun 2023 yang berlangsung di Taman Pemuda Perkantoran Pemda, Cibinong, Rabu, 18 Oktober 2023.

Menurutnya, dibutuhkan komitmen, sinergi dan kolaborasi bersama antara pemerintah, segenap pemangku kepentingan dan elemen masyarakat dalam upaya membangun ketahanan pangan nasional.

Oleh karena itu, melalui peringatan hari pangan sedunia ini, Bupati Bogor mengajak semua untuk berupaya merubah perilaku masyarakat dengan lebih banyak mengkonsumsi pangan lokal, sebagai alternatif pengganti bahan pangan khususnya impor yang sulit dijangkau.

"Saya minta kepada para Camat untuk aktif mensosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat pentingnya mengkonsumsi Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), untuk mewujudkan ketahanan pangan lokal di Kabupaten Bogor," ungkap Iwan Setiawan. 

Perlu diketahui, Kabupaten Bogor memiliki biodiversitas pangan lokal yang kaya gizi seperti singkong, ubi, jagung, sorgum, ganyong, talas dan sumber protein telur dan ayam serta berbagai jenis ikan air tawar.

"Bersama kita dukung program “B2SA habiskan!” beragam, bergizi seimbang, dan aman, serta habiskan makanannya untuk menghindari kemubaziran," jelasnya. 

Perlu diketahui untuk mendukung peningkatan ketahanan pangan Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan 
antara lain, penyediaan infrastruktur lumbung pangan sebanyak 8 unit yang tersebar di 4 kecamatan. 

Penyediaan infrastruktur lantai jemur sebanyak 9 unit di 4 kecamatan, selanjutnya penyaluran pen cadangan pangan pemerintah Kabupaten Bogor sebanyak 102,7 ton per September 2023 bagi masyarakat Kabupaten Bogor yang terkena bencana alam dan non alam yang tersebar di 20 kecamatan. 

Selain itu juga digelar gerakan pangan murah komoditas strategis sebanyak 35 kali sampai dengan bulan Oktober 2023. 

Begitu juga dilakukan sosialisasi registrasi pangan segar asal tumbuhan, yang telah menghasilkan 182 dokumen izin edar, pangan segar asal tumbuhan pada 10 pelaku usaha per September 2023,.

Kemudian penanganan daerah rawan pangan di tujuh kecamatan pertama melalui program pertanian keluarga komoditas cabe kepada tiga kelompok tani, pemberdayaan harapan pada dua kelompok tani, penyediaan infrastruktur melalui pembangunan rice milling sebanyak dua unit bagi dua kecamatan. 

Lalu penyediaan unit untuk desa adat Malasari sebanyak lima unit, fasilitasi lomba sektoral di dua lokasi, intervensi desa konvergensi stunting di 13 desa, pertanian masuk sekolah di 2 lokasi, serta sosialisasi B2SA di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. ***

Penulis: Dicky
Editor: Muhammad Zafry Akbar

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author