Bupati Bogor: Profesionalisme Dishub Vital Wujudkan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Bupati Bogor: Profesionalisme Dishub Vital Wujudkan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan berharap Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor lebih meningkatkan profesionalisme, untuk percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Sektor perhubungan memiliki peranan vital dalam mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sehingga peningkatan layanan perhubungan sangat penting dilakukan untuk kepentingan seluruh rakyat dan kemajuan bangsa Indonesia," kata Bupati Bogor, saat memimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53 tahun 2023, tingkat Kabupaten Bogor, yang berlangsung di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Selasa, 26 September 2023.

Karena itu, Dishub Kabupaten Bogor harus terus berinovasi, mengoptimalisasi manajemen rekayasa lalu lintas yang terencana, dan melakukan upaya keselamatan lalu lintas dengan meningkatkan pengawasan.

Karena, menurut Bupati Bogor, dengan meningkatkan profesionalisme dan mewujudkan jalan terintegrasi di Kabupaten Bogor, untuk mengurai masalah kemacetan. Maka, aktivitas ekonomi masyarakat dapat berlangsung lancar.

“Melalui momentum ini menjadi motivasi bagi kami, untuk terus berupaya meningkatkan layanan perhubungan melalui pemenuhan sarana, prasarana dan perlengkapan jalan, pengujian kendaraan bermotor, lalu pengembangan angkutan umum dan jalan yang terintegrasi,” terang Iwan Setiawan.

Bupati Bogor juga mengatakan, luas wilayah Kabupaten Bogor tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam membangun interkonektivitas dan aksesibilitas antar wilayah.

Karena itu pada peringatan Hari Perhubungan Nasional 2023 ini, seluruh insan transportasi diajak untuk terus menjadi katalis positif dalam pembangunan sektor perhubungan di Kabupaten Bogor.

"Kami minta di ulang tahun yang ke-53 ini, Dishub lebih matang dan berinovasi mengurai kemacetan, kepadatan jalur yang ada di Kabupaten Bogor ini," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bogor Menerima Hibah

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor menerima hibah sebanyak 475 Titik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dari Kementerian ESDM, dan pembangunan jalur sepeda dari Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Kemenhub.

"Alhamdulillah di momen ini, kami mendapat hibah PJU tenaga surya dari Kementerian ESDM dan pembangunan jalur sepeda dari Kemenhub. Kami berharap sinergi dan kolaborasi ini terus terjalin erat demi pengembangan jaringan transportasi untuk kepentingan seluruh rakyat dan kemajuan bangsa Indonesia," tandas Bupati Bogor.

Dishub Kabupaten Bogor Bakal Operasikan BRT

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah menegaskan, Pemerintah Kabupaten Bogor bakal menerapkan teknologi transportasi ramah lingkungan, dengan mengoperasikan bus listrik, Bus Rapid Transit  (BRT).

Hal itu sebagai bukti mendukung rencana pemerintah pusat, terkait konversi kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik.

"Kami sudah rencanakan penerapan teknologi transportasi ramah lingkungan. Ke depannya, Kabupaten Bogor akan mengoperasikan bus listrik, Bus Rapid Transit untuk melayani transportasi bagi masyarakat. Kami sudah mengajukan ke Kemenhub untuk di Kabupaten Bogor" sebut Agus Ridhallah.

Menurutnya, BRT terbilang cukup nyaman, karena suaranya hening dan tidak ada polusi.

'Yang paling penting adalah irit dan ramah lingkungan," ujarnya.

Agus Ridhallah mengucapkan, pemerintah pusat telah menginstruksikan setiap pemerintah daerah harus menggunakan transportasi ramah lingkungan atau kendaraan listrik.

“Agar perhubungan dan transportasi di Kabupaten Bogor semakin ramah lingkungan, salah satunya mobil listrik. Karena memang diperintah oleh pemerintah pusat setiap daerah harus ada mobil listrik, mudah-mudahan ke depannya bisa terwujud, tentunya dengan dukungan dan sinergi dari Bupati Bogor,” pungkas Agus. ***

Penulis: Fajar
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author