Bupati Bogor Minta Jambore Desa Wisata Pacu Seluruh Desa Kembangkan Potensi Wisata

Bupati Bogor Minta Jambore Desa Wisata Pacu Seluruh Desa Kembangkan Potensi Wisata

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan, Pemerintah Kabupaten Bogor akan terus mendorong dan memacu seluruh desa untuk mengembangkan potensi wisata di daerahnya masing-masing.

"Baik itu wisata alam, wisata edukasi, atau wisata buatan. Karena tiap desa memiliki potensi yang berbeda. Ini yang harus kita maksimalkan," tegasnya, saat membuka Jambore Desa Wisata tahun 2023 di Desa Tugu Utara Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu, 8 November 2023.

Menurutnya, lewat Jambore Desa Wisata tersebut, pihaknya ingin menunjukan komitmen bersama untuk memperkuat kolaborasi pentahelix antar pemerintah, masyarakat, akademisi, dan pelaku usaha pariwisata dalam merumuskan strategi bersama untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik desa wisata.

Dikatakan Iwan Setiawan, Jambore Desa Wisata juga menjadi ajang berkumpul dan diskusi bareng para pelaku wisata desa, akademisi dari berbagai perguruan tinggi, kepala desa, dan unsur-unsur terkait lainnya.

"Alhamdulillah tadi bisa duduk bareng mereka, bertukar-pikiran dan bercerita pengalaman dalam mengelola pariwisata. Ini sangat penting untuk menambah pengetahuan dan berbagi semangat," katanya.

Lantaran itu, Bupati Bogor meminta seluruh desa wisata yang telah terbentuk agar terus berkreasi dan berinovasi, membudayakan sikap ramah, menjaga keindahan, kebersihan dan keaslian desa wisata agar semakin maju dan berkembang.

"Semoga Jambore Desa Wisata ini konsisten dilaksanakan dan ke depannya kemasan acaranya semakin baik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Iwan Setiawan mengajak semua unsur untuk berkolaborasi dalam membangun pariwisata di Kabupaten Bogor.

"Pengelolaan Desa Wisata tidak bisa dilakukan sendiri tapi harus kolaborasi melibatkan semua unsur termasuk pentahelik, agar kemajuan desa wisata yang telah dibangun bisa terus berkelanjutan baik dari pamor juga kunjungan wisatawannya," tandas Bupati Bogor. ***

Penulis: Fajar
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author