Bupati Bogor Minta FPRB Berkontribusi Nyata Kurangi Risiko Bencana Di Kabupaten Bogor

Bupati Bogor Minta FPRB Berkontribusi Nyata Kurangi Risiko Bencana Di Kabupaten Bogor

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) dapat berkontribusi nyata dalam upaya pengurangan risiko bencana di Kabupaten Bogor. 

Hal ini ia katakan saat melantik FPRB periode 2023-2027, di Hotel Pesona Anggraini, Cisarua, Sabtu, 23 Desember 2023.

Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Forkompinda, Inspektur Kabupaten Bogor, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan para pengurus FPRB Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, sebagaimana diketahui, kondisi geografis menjadikan Kabupaten Bogor cenderung rentan terhadap bencana, yang diakibatkan oleh aktivitas iklim maupun aktivitas geologi dan vulkanologi. 

Karena itu, FPRB dinilai berperan penting dalam melakukan edukasi dan sosialisasi kebencanaan, pemetaan risiko bencana, serta kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Saya harap FPRB dapat terus meningkatkan kapasitas, memperkuat sinergi dan kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan agar dapat berkontribusi nyata dalam upaya pengurangan risiko bencana di Kabupaten Bogor,” ungkap Iwan Setiawan.

Lebih lanjut Bupati Bogor menuturkan, diperlukan upaya yang serius secara bersama-sama seluruh stakeholder untuk mengurangi risiko bencana di Kabupaten Bogor. 

Gerak langkah preventif dan kolaboratif antara pemerintah, swasta, organisasi dan seluruh elemen masyarakat perlu terus ditingkatkan untuk mengantisipasi, memitigasi, serta meminimalisir dampak kerugian dari kejadian bencana di Kabupaten Bogor.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, saya mengucapkan selamat kepada para pengurus FPRB Kabupaten Bogor periode 2023-2027. Semoga dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya pengurangan risiko bencana di Kabupaten Bogor,” ujar Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Asep Sulaeman menjelaskan, untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana pada saat pra bencana, yang sesuai dengan tatanan nilai-nilai yang hidup, tumbuh dan berkembang dalam masyarakat, diperlukan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh.

“Sebagai upaya pengurangan risiko bencana dan untuk mewujudkan ketangguhan bencana di Kabupaten Bogor, maka perlu dibentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Bogor,” jelas Asep.

Asep menambahkan, dalam upaya pengurangan risiko bencana di daerah, FPRB dapat melaksanakan peranan antara lain, advokasi regulasi, kebijakan, penganggaran, dan evaluasi pengurangan risiko bencana serta isu lintas sektoral yang terkait.

“Selanjutnya, manajemen pengetahuan pengurangan risiko bencana dan isu lintas sektoral yang terkait. Penggalangan partisipasi multi pihak dalam pengurangan risiko bencana, dan pengembangan organisasi FPRB di daerah,” ujarnya. ***

Penulis: Dimas
Editor: Muhammad Zafry Akbar

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author