Bupati Bogor: Catin-Capus Konsisten Dapat Penyuluhan

Bupati Bogor: Catin-Capus Konsisten Dapat Penyuluhan

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, Calon Pengantin (Catin) dan Calon Pasangan Usia Subur (Capus) konsisten mendapat penyuluhan dari tim pendamping keluarga.

"Semua itu sebagai upaya untuk membentuk keluarga Indonesia yang sehat, harmonis, berdaya, produktif dan sejahtera," ungkapnya saat menerima Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI mengenai penyuluhan pranikah, di KUA Kecamatan Ciawi, Kamis, 23 November 2023.

Menurutnya, tim pendamping keluarga memberikan edukasi kepada calon pengantin yang ditindaklanjuti dengan treatment dan upaya-upaya kesehatan, peningkatan status gizi, sebagai langkah pencegahan stunting bagi Catin dan Capus.

"Alhamdulillah dampaknya di Kabupaten Bogor angka stunting menurun cukup drastis, dari 8 %, sekarang menjadi tinggal 4 % lagi. Mudah-mudahan beberapa tahun ke depan Kabupaten Bogor bisa mewujudkan zero stunting," harap Iwan Setiawan.

Lebih lanjut Bupati Bogor menjelaskan, selain program pendampingan keluarga bagi Catin dan Capus, Pemerintah Kabupaten Bogor juga memberikan kepastian hukum atau legalitas pernikahan melalui akta nikah, melalui program isbat nikah terpadu gratis.

"Agar hak-hak yang sah dari pasangan suami istri, terutama perempuan dan anak, terlindungi. Pemkab Bogor bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama dan Pengadilan Agama Cibinong menyelenggarakan program isbat nikah terpadu gratis,” jelas Iwan.

Karena itu disebutkan Bupati Bogor, tahun lalu sebanyak sekitar 2.500 warga yang tidak mampu sudah difasilitasi program sidang itsbat nikah gratis. Tahun depan targetnya akan ditambah dan menjadi 5.000 orang. 

"Bagi mereka yang akan mengikuti program ini diberikan dulu penyuluhan pranikah," tandasnya. ***

Penulis: Dimas
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author