Bupati Bogor: 27 Ribu Hektare Sawah Rusak, Produksi Beras Kabupaten Bogor Terdampak 

Bupati Bogor: 27 Ribu Hektare Sawah Rusak, Produksi Beras Kabupaten Bogor Terdampak 

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebutkan, 27 ribu hektare sawah rusak. Akibatnya, lahan pertanian di Kabupaten Bogor tidak memungkinkan produksi beras.

"Cuacanya sudah tidak memungkinkan kita produksi beras. Karena 27 ribu hektare di Bogor sekarang rusak. Itu laporan dari Distanhorbun (Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan)," sebutnya, ketika peringatan Hari Pangan Sedunia, Rabu, 18 Oktober 2023 di Taman Pemuda, Cibinong.

Bupati Bogor menyebutkan, lantaran kondisi El Nino saat ini, cukup berdampak terhadap ketahanan pangan.

"Kondisi El Nino saat ini ngeri-ngeri sedap, sampai awal Januari juga curah hujan belum tentu normal. Jadi untuk pertanian juga masih belum bisa untuk bertanam, karena curah hujannya belum stabil," ungkap Iwan Setiawan.

Karena kondisi cuaca yang mengakibatkan produksi beras terdampak, masyarakat diharapkan mengubah pola makan, dan konsumsi bahan makanan yang bervariasi selain beras, yang beragam, bergizi, seimbang, aman (B2SA).

"Agar pola makan diubah, termasuk mengurangi konsumsi beras," ujarnya.

Sehingga, menurutnya, penting untuk menyesuaikan pola makan apabila stok beras sedang berkurang. Apalagi, kondisi cuaca saat ini tidak memungkinkan untuk produksi beras.

"Untuk sayuran tidak terlalu terkena dampak dari kekeringan. Tapi kalau beras, sangat terdampak. Karrna kalau beras  ngairinnya bukan satu ember, tapi satu kontainer air, satu truk," tandas Bupati Bogor. ***

Penulis: Fajar
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author