Blusukan ke Lima Desa di Ciawi, Iwan Setiawan Minta Optimalkan Layanan Kesehatan dan Tuntaskan Rutilahu

Blusukan ke Lima Desa di Ciawi, Iwan Setiawan Minta Optimalkan Layanan Kesehatan dan Tuntaskan Rutilahu

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan belusukan ke lima Desa di wilayah Kecamatan Ciawi, Kamis, 13 Juli 2023. Hasilnya, layanan kesehatan harus dioptimalkan dan tuntaskan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Blusukan dalam kegiatan Bogor Keliling (Boling) itu, untuk melihat langsung hasil pembangunan yang dilakukan selama tahun 2023 di lima desa itu, menyapa dan sekaligus menjaring aspirasi masyarakat secara langsung.

Ke lima Desa di Kecamatan Ciawi yang dikunjungi itu, Desa Citapen, Desa Jambuluwuk, Desa Banjarsari, Desa Banjarwangi dan Desa Bendungan. 

Dari blusukan tersebut, Plt. Bupati Bogor mengungkapkan, salah satu yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bogor adalah mengoptimalkan layanan kesehatan, membangun kembali Puskesmas Ciawi dengan fasilitas yang lebih lengkap.

“Keberadaan Puskesmas Ciawi sangat dibutuhkan masyarakat, karena melayani masyarakat dari empat desa. Untuk itu fasilitasnya harus dilengkapi dengan optimal termasuk pembangunan Gedung puskesmasnya,” ungkapnya .

Selain itu, Iwan Setiawan juga meminta agar Puskesmas di Desa Cileungsi untuk direvitalisasi. Bahkan, pihak Dinas Kesehatan sudah diperintahkan untuk segera merealisasikannya.

"Saya minta puskesmas di Desa Cileungsi, ujung Ciawi itu diperbaiki lah, terlalu kecil. Saya sudah perintahkan Kabid Sarpras Dinkes, mudah-mudahan di 2024 ada perubahan," ujarnya.

Lebih lanjut Plt. Bupati Bogor juga menyebutkan, dari hasil blusukan itu terpantau masih ada sekitar 10 Rutilahu di wilayah Kecamatan Ciawi.

"Masih banyak rumah tidak layak huni, ada 10 saya hitung tadi sambil lewat yang rumahnya masih menggunakan bilik. Insya Allah bisa kami tuntaskan melalui kolaborasi pemanfaatan dana CSR perusahaan,," sebutnya.

Karena itu, Iwan Setiawan ingin menuntaskannya menjadikan rumah layak huni, selain melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor, juga akan mengoptimalkan kerjasama dengan pihak swasta melalui pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satunya yang diharapkan dari pihak Bank BJB.

"Mudah-mudahan dengan kunjungan hari ini, ada solusi melalui CSR BJB, bulan ini atau tahun ini dicover CSR BJB dari 10 rumah yang tidak layak huni, tadi saya sudah panggil kadesnya, Cibedug mudah-mudahan BJB bisa segera merevitalisasi rumah," harap Plt. Bupati Bogor.

Selain blusukan ke lima Desa, melalui program Boling di wilayah Kecamatan Ciawi, Plt. Bupati Bogor menyerahan secara simbolis bendera Republik Indonesia, alat pertanian, bantuan program Samisade, bantuan Rutilahu dan penandatanganan Prasasti Samisade.

Bahkan Iwan Setiawan juga sempat meninjau kelompok tani di Desa Banjarsari, pelaku UMKM Desa Banjarwangi. Selanjutnya diakhiri dengan peninjauan pelaksanaan pembangunan di SDN 01 dan 02 Ciawi di wilayah Desa Bendungan. ***

Penulis: Dimas

Editor: Muhammad Zafry Akbar 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author