Aqua Salurkan Bantuan Air Bersih ke Masyarakat Jawa Barat

Aqua Salurkan Bantuan Air Bersih ke Masyarakat Jawa Barat

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Pabrik Aqua Lido menyalurkan bantuan air bersih ke Kampung Ciletuh Lamsi dan Kampung Wates, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Rabu, 20 September 2023.

Lantaran aksi sosial produsen air mineral itu, warga dari dua kampung tersebut berbondong-bondong ke luar rumah,  untuk mendapatkan bantuan air bersih yang disalurkan Aqua.

Menurut sejumlah warga, sejak beberapa bulan terakhir kesulitan mendapatkan air bersih.

"Selama musim kemarau ini kami sulit memperoleh air bersih. Kadang-kadang kami harus membeli air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Syukurlah hari ini Aqua datang menyalurkan air bersih kepada kami," tutur Sanusi, yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan.

Koordinator CSR Pabrik Aqua Lido, Maman Suparman mengungkapkan, selama musim kemarau ini Pabrik Aqua Lido menyalurkan rata-rata sekitar 30.000 liter air bersih per dua hari ke beberapa desa sekitar yang sulit mendapatkan bersih.

"Selain kedua kampung tersebut, kami salurkan air bersih juga ke Gombong Onan, Ciletuh Hilir, Ciletuh Girang, Pasir Kuda, Desa Sorogol, Desa Cisalada," sebutnya.

Kepala Desa Wates Jaya, Rudi Irawan menyebutkan, sebenarnya sarana air bersih di Desa Wates Jaya sudah cukup memadai. Namun karena perubahan tata ruang dan lingkungan membuat debit air di Wates Jaya menurun selama musim kemarau.

"Kami sangat berterima kasih atas kepedulian Aqua menyalurkan air bersih kepada warga desa kami," kata Rudi.

Sementara itu, penyaluran air bersih juga dilakukan Aqua di berbagai lokasi di Jawa Barat, yaitu di Sukabumi, Sentul, Parung, Subang, dan Cianjur.

"AQUA langsung bergerak menyalurkan air bersih kepada masyarakat di berbagai lokasi di Jawa Barat selama musim kemarau ini. Hal itu merupakan bagian dari upaya kami ikut meringankan beban warga masyarakat yang kesulitan memperoleh air bersih, yang lokasinya jauh dari pabrik kami," jelas Senior External Relations Manager Danone-Aqua Wilayah Jawa Barat, Murtijo.

Menurutnya, saat penyaluran bantuan air bersih itu, warga di berbagai wilayah di Jawa Barat menggunakan berbagai wadah untuk mendapatkan air bersih.

"Ada yg gunakan ember, jerigen, tong, gerobak dengan galon-galon, dan lain-lain. Yang penting mereka bisa membawa air bersih untuk kebutuhan keluarga masing-masing," tuturnya. ***

Penulis: Dicky
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author