Antisipasi Resiko Krisis Air, Bupati Bogor MoU dengan Suez Services di Paris

Antisipasi Resiko Krisis Air, Bupati Bogor MoU dengan Suez Services di Paris

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama Perumda Air Minum Tirta Kahuripan melakukan penandatangan MoU atau nota kesepahaman dengan Suez Services Pte. Ltd, di Paris, Perancis, Selasa, 24 Oktober 2023.

Perjanjian kesepahaman atau kesepakatan tersebut, terkait peningkatan infrastruktur pengelolaan air minum, juga mengurangi terjadinya resiko krisis air. Terutama di saat musim kemarau panjang, seperti saat ini.

Sebagai informasi, Suez Services Pte. Ltd merupakan perusahaan air minum terkemuka di dunia yang bermarkas di Paris dan telah hadir di 40 negara.

Selain upaya mitigasi dampak kekeringan, MOU tersebut juga menjadi salah satu cara untuk membangun kerjasama dalam hal peningkatan infrastruktur pengelolaan air minum, dan mengurangi resiko krisis air di masa yang akan datang.

MoU tersebut ditandangani langsung Bupati Bogor Iwan Setiawan dengan Suez Internasional, yang diwakili Managing Director Branch South East Asia Suez Services Pte. Ltd, Farchad Kaviani di kantor pusat Suez Internasional, Paris, Prancis.

Dalam kunjungan ke kantor pusat Suez Internasional, delegasi Pemerintah Kabupaten Bogor didampingi Director, BOT Development atau Suez South East Asia, Mr. Kohei Kimura. Lantas, mereka disambut Deputi Direktur Treatment Infrastruktur Suez Internasional, Mr. Laurent Dolleans.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan resmi Pemerintah Kabupaten Bogor dalam memenuhi undangan dari Suez, untuk mengikuti sejumlah rangkaian, di antaranya dialog interaktif dan kunjungan ke water treatment plant, kunjungan ke wastewater treatment plant, dan mengunjungi water treatment supporting industry bersama para petinggi Suez. 

Dalam kesempatan ini, para delegasi akan diajak melihat perkembangan teknologi terbaru dan terkini dalam pengelolahan air minum dan air limbah, serta energi yang berwawasan lingkungan yang sudah diterapkan hampir seluruh proyek Suez yang terkenal dengan teknologi dan sistem pengelolaan air minum berkelanjutan yang mengedepankan kesehatan dan lingkungan.  

Pemerintah Kabupaten Bogor dan Suez juga menyatakan minat bersama untuk menindaklanjuti peluang kolaborasi jangka panjang, salah satunya mendukung memenuhi rencana pembangunan yang berkelanjutan. Demi memenuhi kebutuhan dan hak masyarakat atas air, salah satunya dalam bentuk kerjasama ataupun kemitraan.

“Langkah yang diambil Pemkab Bogor ini sebagai salah satu upaya menjawab tantangan atas semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat atas air, sehingga diharapkan dalam jangka menengah ataupun jangka panjang bisa dipenuhi. Selain itu untuk mengurangi resiko-resiko krisis atas air, yang salah satunya memitigasi kondisi musim ekstrim pada musim kemarau,” ungkap Bupati Bogor.

Dikatakan Iwan Setiawan, MoU itu juga dilakukan untuk mempersiapkan kerangka kerja terkait inisiasi potensi minat kerjasama investasi dalam pengembangan sektor air minum di Kabupaten Bogor di masa yang akan datang.

"Suez mendukung penuh inisiasi Pemkab Bogor untuk meningkatkan infrastruktur dalam memenuhi akses air minum kepada masyarakat, termasuk di dalamnya inovasi dalam pengelolaan dan pengolahan air limbah," ujarnya.

Bupati Bogor mengatakan, komitmen Suez mendukung Indonesia, khususnya Pemkab Bogor terkait rencana peningkatan infrastruktur air minum dan inovasi dalam bidang lingkungan lainnya.

"Termasuk pengelolaan air limbah baik dalam kolaborasi bersama untuk menangani tantangan ke depan, serta bersama dalam memfasilitasi kerjasama investasi," tandasnya. ***

Penulis: Dimas 
Editor: Deddy Blue

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author