Alhamdulillah... Pemerintah Bawa Azmira ke RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Alhamdulillah... Pemerintah Bawa Azmira ke RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews - Penderitaan Siti Azmira Dea Nova, bocah perempuan berusia 11 tahun, yang menderita tumor di bagian mata sebelah kanannya, semoga lekas berakhir.

Pasalnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial, telah memberi bantuan membawa Azmira ke RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Putri kedua dari pasangan suami istri, Muhamad Januari (42) dan Aas (39) itu, dibawa para tenaga sosial dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sentra Galih Pakuan Wilayah Kerja Kabupaten Bogor-Banten, untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut di RSUPN Cipto Mangunkusumo, di Jakarta.

Pihak UPT Sentra Galih Pakuan, Untung Aji Pramono mengungkapkan, kedatangan ke rumah Azmira, di Kampung Cirangrang Rt 01 Rw 02, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, karena perintah pimpinan di Kementerian Sosial.

"Karena berita BogorZoneNews.com viral, dan pimpinan kami mendapatkan berita itu. Tadi pagi kami diminta untuk datang ke rumah adik Azmira, untuk segera membantu penanganannya," ungkap Untung, saat ditemui BogorZoneNews.com, di rumah Azmira, Sabtu, 27 Mei 2023.

Saat itu, bukan hanya tim UPT Sentra Galih Pakuan, yang datang ke rumah keluarga Muhamad Januari, namun dari pihak Pemerintah Desa Cilember, yang diwakili Sekretaris Desa, Haerul Saleh dan staf desa, begitu juga dari Pemerintah Kecamatan Cisarua, yang diwakili staf Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Ridwan Wahyudin.

Untung memaparkan, bantuan pemerintah melalui Kementerian Sosial ini bukan hanya bantuan menanggung biaya terkait pengobatan medis Azmira saja, namun segala akomodasi termasuk tempat singgah orang tuanya juga akan ditanggung pemerintah.

"Jadi bukan hanya biaya pengobatan, tetapi untuk akomodasi kedua orang tuanya, termasuk tempat menginap akan disediakan. Intinya kami berupaya meringankan beban ekonominya," kata Untung.

Pemerintah Desa Cilember dan Kecamatan Cisarua Gercep

Menurutnya, bantuan penanganan dari pihak Pemerintah Desa Cilember dan Kecamatan Cisarua, terbilang gerak cepat alias gercep.

Pasalnya sejak awal mendapat informasi tentang Azmira yang menderita tumor dibagian wajah sebelah kanannya, segala bantuan telah direalisasikan.

Diantaranya, menguruskan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Penerima Bantuan Iuran (BPJS PBI). Sehingga dengan BPJS PBI itu, terkait pembiayaan pengobatan sudah tertanggulangi.

"Bagusnya BPJS PBI nya sudah diurus, jadi lebih membantu kemudahan untuk penanganan biaya pengobatan Azmira," sebutnya.

Dari Awal Bantuan Azmira Sudah Difasilitasi

Sebelumnya, Camat Cisarua, Ivan Pramudya mengungkapkan, sejak awal mendapat informasi soal Azmira dari Pemerintah Desa Cilember, pihak  Kecamatan Cisarua, dari Seksi Pemberdayaan Masyarakat juga selalu memantau dan memberikan dukungan penanganan upaya pengobatan Azmira.

"Dari awal sudah difasilitasi bantuan dan pihak desa sudah menawarkan segala bantuan, baik kepengurusan ke setiap rumah sakit maupun transportasi, termasuk mengurus pembuatan BPJS PBI. Sekarang sudah dilakukan penanganan oleh rumah sakit. Sudah dilakukan tindakan pembersihan jaringan. Dan hari Senin, 22 Mei 2023, sudah ke RSCM setelah dirujuk dari Fatmawati," ungkap Ivan Pramudya, saat menghubungi BogorZoneNews.com, Sabtu, 27 Mei 2023, pagi.

Ivan Pramudya mengaku, saat mendapat laporan dan diminta konfirmasi BogorZoneNews.com, terkait kondisi Azmira, Jumat, 26 Mei 2023 malam, kondisi Camat Cisarua sedang kurang sehat.

"Sudah dua hari kondisi saya kurang sehat, dan saya juga tidak ke kantor," ujarnya.

Hal tersebut juga dibenarkan Ridwan Wahyudin, saat ditemui di rumah Azmira.

"Benar, sudah dua hari Pak Camat tidak ke kantor, karena sakit," sebutnya.

Harapan Camat Cisarua

Lebih lanjut Camat Cisarua berharap, penanganan medis untuk pengobatan dan penyembuhan penyakit yang diderita Azmira dapat berjalan lancar dan selamat.

"Yang jelas saya pribadi, mau pun pihak Kecamatan Cisarua sangat berharap Azmira dapat kembali sehat. Sehingga bisa kembali beraktivitas seperti anak-anak lainnya, termasuk kembali menjalani pendidikannya. Karena itu mari kita doakan agar semuanya berjalan sesuai harapan semua. Aamiin," tandas Ivan Pramudya.

Sementara itu, saat Azmira akan diantar Tim UPT Sentra Galih Pakuan Wilayah Kerja Kabupaten Bogor-Banten menggunakan satu unit mobil minibus, para tetangga terlihat turut mengantar dan memberikan rasa empatinya, sambil mendoakan Azmira agar segera sembuh dan sehat kembali.***


Penulis: Deddy Blue
Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author