15 Desa Blank Spot, Diskominfo Kabupaten Bogor Terus Tingkatkan Jaringan Internet

15 Desa Blank Spot, Diskominfo Kabupaten Bogor Terus Tingkatkan Jaringan Internet

Smallest Font
Largest Font

BogorZoneNews – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor terus berupaya meningkatkan jaringan internet bagi masyarakat.

Pasalnya hingga kini masih tertinggal 15 dari 416 desa, yang mengalami blank spot alias kesulitan mendapat sinyal seluler mau pun jaringan internet. 

"Kami berupaya melakukan koordinasi dengan Diskominfo Provinsi Jawa Barat, maupun dengan Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, serta para pengusaha menara atau BTS dan provider," ungkap Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto, kepada Wartawan di gedung DPRD Kabupaten Bogor, Kamis, 25 Mei 2023.

Disebutkannya, hingga kini sudah ada sebanyak 1.800 menara Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Bogor, yang terpasang. Namun sampai sekarang masih ada 15 Desa yang kondisinya blank spot.

Pasalnya, desa-desa itu berada di daerah yang konturnya berbukit atau di daerah pegunungan.

“Ke 15 desa itu tersebar di beberapa kecamatan, diantaranya di Kecamatan Sukamakmur, Sukajaya, Jasinga, nanggung, Tanjungsari dan Tenjo,” sebut Bayu.

Kendati begitu, dijelaskan Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, ke 15 desa tersebut, bukan sama sekali tidak mendapat sinyal seluler mau pun jaringan internet. Namun kondisi sinyal atau jaringannya up and down alias naik-turun.

“Seperti di Sukamakmur banyak warga yang tinggal di bawah pegunungan. Kadang ada sinyal, kadang hilang sama sekali,” ujarnya.

Sehingga Bayu Ramawanto memastikan, di beberapa daerah tersebut belum berdiri BTS. Karena itu, Diskominfo terus berupaya berkoordinasi dengan Diskominfo Provinsi Jawa Barat maupun dengan Kementerian Kominfo juga para pengusaha menara atau BTS dan provider. ***

Penulis: Rizky

Editor: Deddy Blue 

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author